Arab Saudi Bangun Kota Berteknologi Tinggi Tanpa Jalan Utama Kendaraan Pribadi

  • Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengikuti sesi dialog virtual pada Forum Ekonomi Dunia di Alula, Arab Saudi, Rabu (13/01/2021).
  • Pada kesempatan tersebut Putra Mahkota Arab Saudi menyampaikan rencana pembangunan kota pintar Mega City yang digerakkan oleh kecerdasaran buatan atau artificial intelligence (AI) dengan kapasitas bisa menampung hingga 1 juta orang.
  • Proyek ini akan mulai dikerjakan pada kuartal pertama tahun 2021, dengan biaya ditaksir mencapai 500 miliar dolar atau setara Rp 70 triliun.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengikuti sesi dialog virtual pada Forum Ekonomi Dunia di Alula, Arab Saudi, Rabu (13/01/2021). Pada kesempatan tersebut Putra Mahkota Arab Saudi menyampaikan rencana pembangunan kota pintar Mega City yang digerakkan oleh kecerdasaran buatan atau artificial intelligence (AI) dengan kapasitas bisa menampung hingga 1 juta orang.

Mega City rencanaya akan dibangun sepanjang 170 kilometer. Kota ini tidak memiliki jalan utama untuk kendaraan pribadi dan semua penduduk tinggal dalam jarak lima menit berjalan kaki dari fasiltas publik. Proyek ini akan mulai dikerjakan pada kuartal pertama tahun 2021, dengan biaya ditaksir mencapai 500 miliar dolar atau setara Rp 70 triliun.

REUTERS/Bandar Algaloud / Courtesy of Saudi Royal Court

(bon)
Top