Dukungan Maju Pilpres Makin Meluas, Firli: Saya Ingin Fokus Mengabdi di KPK

Senin, 07 Maret 2022 - 18:08 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri digadang-gadang dapat menjadi sosok alternatif dalam bursa calon presiden dan wakil presiden 2024.
click to zoom
Nama Firli Bahuri digadang-gadang dapat menjadi sosok alternatif dalam bursa calon presiden dan wakil presiden 2024.
click to zoom
Nama Firli Bahuri digadang-gadang dapat menjadi sosok alternatif dalam bursa calon presiden dan wakil presiden 2024. Hal ini tidak lepas dari makin derasnya arus dukungan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut.

Dukungan terhadap Firli datang dari sejumlah elemen masyarakat bawah di berbagai daerah. Kelompok tani, nelayan, pegiat UMKM, kaum milenial, hingga kalangan pelajar dan santri turut mendorongnya untuk mengisi kepemimpinan nasional.

“Saya kira layak dipertimbangkan. Bisa menjadi salah satu opsi di luar nama-nama yang sudah lama beredar,” kata Direktur Dimensi Research and consulting, Imam Darmadi melalui keterangan tertulis, Senin (7/3).

Menurutnya, latar belakang Firli sebagai penegak hukum dan Ketua KPK punya daya tawar tersendiri. Ia akan jadi pembeda dari nama-nama yang sering disebut dalam survei yang berasal dari elit partai, pejabat eksekutif atau kepala daerah.

“Tentu semua perlu diuji. Jika dukungan itu terus meluas, tak terbendung, sangat mungkin masuk radar partai politik,” tegasnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Ketua KPK Firli Bahuri enggan berkomentar lebih jauh. Ia hanya menegaskan bahwa saat ini dirinya ingin fokus pada tugas pemberantasan korupsi.

“Mohon jangan ganggu saya dengan wacana Capres. Saya hanya ingin fokus mengabdi, menyelesaikan tugas saya sebagai Ketua KPK,” pintanya.

Jawaban Firli tampak konsisten dengan pernyataan sebelumnya. Saat bermunculan suara yang memintanya maju Pilpres 2024, ia justru minta masyarakat tidak menyeret namanya ke dalam isu Pilpres. Terlebih masalah pencalonan merupakan ranah partai politik.

“Firli Bahuri bukan politisi. Dia hanya kerja untuk membebaskan NKRI dari praktik korupsi,” tegas Firli seperti diberitakan beberapa waktu lalu.

Alih-alih berupaya memperluas dukungan, Firli merasa dirinya hanya orang kampung yang tidak paham politik praktis.

Seperti diberitakan diketahui, gelombang dukungan terhadap Firli terus mengalir. Yang terbaru, deklarasi dukungan dinyatakan oleh Serikat Petani Depok dan kelompok masyarakat wilayah Pantai Utara Subang-Indramayu.

"Kami sebagai masyarakat kota Depok berkeyakinan Pak Firli Bahuri pantas menjadi presiden. Korupsi akan bisa diperangi, korupsi akan berkurang jauh, bahkan mungkin korupsi akan hilang dari bumi Indonesia," kata Ketua Serikat Petani Depok Pardi Dongkal saat deklarasi dukungan di Tugu Patung Tani, Kelurahan Sukatani, baru-baru ini (5/3).

Umumnya, mereka menilai Firli sosok yang tegas, berintegritas, berani, serta tegak lurus dalam kerja pemberantasan korupsi.

Firli juga dinilai berhasil menjalankan perannya sebagai orkestrator yang mengordinasi lembaga hukum dan pemerintah dalam upaya mengendalikan dan memerangi korupsi.

Foto MPI Aldhi Chandra
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More