Diresmikan Soerharto, Ini Jalan Tol Pertama yang Beroperasi di Indonesia

Kamis, 17 Maret 2022 - 09:10 WIB
Foto udara lalu lintas kendaraan ramai lancar di jalan Tol Jagorawi di kawasan TMII, Jakarta, Selasa (15/3/2022).
click to zoom
Tol Jagorawi (Jakarta, Bogor, Ciawi) yang merupakan ruas jalan yang penting di wilayah Jabodetabek ini dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sejak tahun 1978.
click to zoom
Jalan tol pertama di Indonesia ini diresmikan oleh Presiden kedua RI Soeharto.
click to zoom
Pembiayaan pembangunan jalan Tol Jagorawi dianggarkan oleh pemerintah sebesar 10,3 juta dollar AS atau sebesar 30 persen dari total biaya pembangunan.
click to zoom
Sementara 70 persen biaya pembangunan Tol Jagorawi dipinjam dari Amerika Serikat sebesar 22,8 juta dollar AS.
click to zoom
Foto udara lalu lintas kendaraan ramai lancar di jalan Tol Jagorawi di kawasan TMII, Jakarta, Selasa (15/3/2022). Tol Jagorawi (Jakarta, Bogor, Ciawi) yang merupakan ruas jalan yang penting di wilayah Jabodetabek ini dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sejak tahun 1978. Jalan tol pertama di Indonesia ini diresmikan oleh Presiden kedua RI Soeharto. Pembiayaan pembangunan jalan Tol Jagorawi dianggarkan oleh pemerintah sebesar 10,3 juta dollar AS atau sebesar 30 persen dari total biaya pembangunan. Sementara 70 persen biaya pembangunan Tol Jagorawi dipinjam dari Amerika Serikat sebesar 22,8 juta dollar AS.

Tol Jagorawi memiliki panjang 59km menyambungkan antara Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi yang menjadikan jalan tol ini salah satu tol terpadat di Indonesia. Saat ini jalan tol Jagorawi berkembang menjadi ribuan kilometer karena tersambung dengan berbagai ruas jalan tol lain, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan tol Lingkar Luar Jakarta dan Bogor Ring Road.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More