Bedah Rumah Warga Miskin Ekstrem di Pemalang

Jum'at, 18 Maret 2022 - 09:06 WIB
Sebanyak 10 warga kurang mampu menerima secara simbolis Rumah Sederhana Layak Huni di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (17/3/2022).
click to zoom
Program bedah rumah ini merupakan bagian dari Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) yang dijalankan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian guna meningkatkan taraf hidup masyarakat
click to zoom
PT Djarum ambil bagian dalam program bertajuk Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) dengan membiayai renovasi 10 rumah keluarga tidak mampu di Kabupaten Pemalang.
click to zoom
PT Djarum ambil bagian dalam program bertajuk Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) dengan membiayai renovasi 10 rumah keluarga tidak mampu di Kabupaten Pemalang.
click to zoom
Sebanyak 10 warga kurang mampu menerima secara simbolis Rumah Sederhana Layak Huni di Desa Plakaran, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Kamis (17/3/2022). Program bedah rumah ini merupakan bagian dari Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) yang dijalankan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian guna meningkatkan taraf hidup masyarakat

PT Djarum ambil bagian dalam program bertajuk Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) dengan membiayai renovasi 10 rumah keluarga tidak mampu di Kabupaten Pemalang. Program kolaboratif bersama Dinas Perindustrian & Perdagangan (Disperindag) Jateng ini merupakan bentuk nyata atas program Penanggulangan PKE yang digagas Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada 2021 dan dijalankan oleh Kemenko Bidang Perekonomian.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng, Muhammad Arif Sambodo mengatakan Kabupaten Pemalang merupakan satu dari lima kabupaten prioritas pelaksanaan program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) di Jawa Tengah. Program ini fokus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat kurang mampu seperti rumah layak huni, sarana air bersih, kesediaan listrik, hingga sanitasi. Sesuai arahan Wapres Ma’ruf Amin saat berkunjung ke Jateng pada Oktober 2021, peran serta pelaku usaha melalui program corporate social responsibility (CSR) sangat diperlukan agar membantu pemerintah mempercepat program penghapusan kemiskinan ini.

Deputi GM Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto mengatakan, keikutsertaan pihaknya dalam menyukseskan program RSLH merupakan komitmen mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan menaikkan taraf hidup masyarakat. Pasalnya, rumah yang layak huni merupakan aspek penting dalam menjaga dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Demi mewujudkan hal tersebut, pihaknya mengucurkan anggaran sebesar Rp400 juta guna membiayai renovasi 10 rumah keluarga kurang mampu dengan masing-masing bantuan renovasi untuk setiap rumah berkisar dari Rp35 juta hingga Rp42 juta. Angka ini lebih besar dua kali lipat dari rekomendasi anggaran pemerintah.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pemalang Hepi Priyanto menyambut positif langkah PT Djarum yang berpartisipasi dalam program PKE dalam Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) di Kabupaten Pemalang.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More