Ribuan Mahasiswa Baru Unnes Cetak Rekor Menyulam Perisai Pancasila

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 17:15 WIB
Mahasiswa memperlihatkan hasil anyaman Perisai Pancasila di Auditorium Kampus Unnes Gunungpati Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2022).
click to zoom
Mahasiswa memperlihatkan hasil anyaman Perisai Pancasila di Auditorium Kampus Unnes Gunungpati Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2022).
click to zoom
Sebanyak 6.206 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyulam Perisai Pancasila dan 6.030 mahasiswa baru membuat video pengamalan pramuka manusia Pancasila.
click to zoom
Atas aksi kreatifitas dan edukatif tersebut, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) mencatatnya sebagai rekor Keterampilan Kepramukaan Menyulam Perisai Pancasila dan Pembuatan Video Pengamalan Pramuka Manusia Pancasila diikuti oleh Mahasiswa Baru Unnes 2022 dalam Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OPT) Unnes Tahun 2022.
click to zoom
Penghargaan diberikan kepada Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman (inisiator), Noorochmat Isdaryanto (pemrakarsa), Pramuka Unnes dan sejumlah pendukung kegiatan menyulam Perisai Pancasila dan pembuatan video pengamalan Pramuka Manusia Pancasila
click to zoom
Mahasiswa memperlihatkan hasil anyaman Perisai Pancasila di Auditorium Kampus Unnes Gunungpati Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (27/8/2022). Sebanyak 6.206 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyulam Perisai Pancasila dan 6.030 mahasiswa baru membuat video pengamalan pramuka manusia Pancasila.

Atas aksi kreatifitas dan edukatif tersebut, Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) mencatatnya sebagai rekor Keterampilan Kepramukaan Menyulam Perisai Pancasila dan Pembuatan Video Pengamalan “Pramuka Manusia Pancasila” diikuti oleh Mahasiswa Baru Unnes 2022 dalam Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OPT) Unnes Tahun 2022. Penghargaan diberikan kepada Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman (inisiator), Noorochmat Isdaryanto (pemrakarsa), Pramuka Unnes dan sejumlah pendukung kegiatan menyulam Perisai Pancasila dan pembuatan video pengamalan Pramuka Manusia Pancasila

Noorochmat mengatakan, menyulam adalah bagian keterampilan kepramukaan yang harapannya akan memberikan bekal bagi mahasiswa. “Kegiatan menyulam ini mengajarkan keterampilan kepramukan, mandiri karena mereka (mahasiswa) sudah menjadi pramuka penegak,” katanya. Perisai Pancasila karena keterampilan tertinggi dalam setiap tingkatan gerakan pramuka adalah Pramuka Garuda, mahasiswa harus menghayati nilai-nilai Pancasila, mengenal peraturan-peraturan tentang lambang negara dan harus mampu menyulam menghayati sulaman demi sulaman seperti bintang, rantai, bintang, kepala banteng, padi kapas, dan melakukan pengamalan Pancasila sehari-harinya Tujuannya untuk menjadi warga negara yang baik sehat, bahagia, memiliki keterampilan dan akhirnya bisa membantu sesama.

Ketua Umum Leprid Paulus Pangka mengatakan, Leprid memberikan penghargaan dalam rangka orientasi kepramukaan perguruan tinggi (OKPT) Unnes 2022 karena berhasil menciptakan maha karya yang berhubungan dengan keterampilan dan filosofi kenegaraan yaitu keterampilan kepramukaan menyulam Perisai Pancasila dan pembuatan video pengamalan Pramuka Manusia Pancasila yang diikuti mahasiswa baru Unnes. “Unnes satu-satunya perguruan tinggi yang mempunyai organisasi kepramukaan. Mereka melakukan kegiatan ini untuk mengajak kita semuanya senantiasa memiliki keterampilan khusus, memiliki jiwa-jiwa nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More