Pengungsi Longsor Bogor Masih Trauma, Relawan Indonesia Care Cs Gelar Trauma Healing

Senin, 17 Oktober 2022 - 06:14 WIB
Sejumlah anak korban longsor di Gang Barjo, Bogor mengikuti trauma healing di mal Bogor Trade Word, Jawa Barat.
click to zoom
Sejumlah anak korban longsor di Gang Barjo, Bogor mengikuti trauma healing di mal Bogor Trade Word, Jawa Barat.
click to zoom
Pemberian bantuan kepada korban longsor
click to zoom
Dapur umum nagi pengungsi korban tanah longsor.
click to zoom
Dapur umum nagi pengungsi korban tanah longsor.
click to zoom
Hampir sepekan peristiwa longsor di Gang Barjo, Kebon Kelapa Bogor yang terjadi Selasa (11/10) masih menyisakan trauma di warga terdampak. Longsor tebing setinggi 15 meter telah menimbun sejumlah rumah dan menewaskan dua orang serta beberapa lainnya masih dalam pencarian tim SAR.

"Mereka masih shock dan memilih bertahan di pengungsian yang berada di tiga titik, masjid Al ikhlas, madrasah RW 02 dan di mesjid Al Komar Veteran," tandas Dicky, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bogor Tengah, (Sabtu, 15/10) di posko kolaborasi Relawan di Boboko Food Plaza.

Untuk itu, pihaknya bersinergi dengan sejumlah lembaga kemanusiaan Indonesia Care, Rumah Semut Jalan Peduli, Primas Rescue, dan Boboko Food menggelar Trauma Healing bagi anak-anak korban terdampak longsor.

Koordinator Trauma Healing dari Rumah Semut Jalan Peduli, Bunda Reza mengungkapkan sejumlah permainan, dongeng dan badut ditampilkan dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam hall mal Bogor Trade Word yang lokasinya persis di depan lokasi pengungsian.

"Kami tergerak untuk membantu mengembalikan keceriaan anak-anak di lokasi terdampak. Perlu pendampingan intens bagi mereka agar bisa melupakan peristiwa menakutkan tersebut," katanya.

Muhammad Syahri dari Kordinator Relawan Indonesia Care menegaskan, selain trauma healing, pihaknya juga mensupport dapur umum Tagana. "Sejumlah kebutuhan bahan mentah untuk dapur kita bantu. Tim relawan ke pasar dan belanja sejumlah kebutuhan dapur," imbuh pria yang akrab disapa Choy.

Secara terpisah, Direktur Eksekutif Indonesia Care Lukman Azis Kurniawan berharap dukungan dermawan untuk membantu para korban. " Bisa mengirimkan bantuan natura berupa keperluan bayi, anak-anak, bahan makanan, obat-obatan atau bisa juga dalam bentuk donasi ke rekening Indonesia CARE di BSI 7000-555-292 an yayasan Indonesia Cepat Aktif Responsif dan Empati," tandasnya.

Lukman menyebutkan hingga saat ini ada lebih dari 140 jiwa yang masih mengungsi karena tempat tinggalnya, rusak atau berada di zona rawan longsor susulan. "Dari 140 jiwa itu, 30 orang diantaranya anak-anak," katanya.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More