Audiensi Menkes dengan Delegasi US Kratom Association dan Asosiasi Petani Purik Indonesia

Senin, 24 Juli 2023 - 18:53 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (kiri) menerima audiensi Delegasi US Kratom Association dan Asosiasi Petani Purik Indonesia (Appuri) di Jakarta, Selasa (24/7/2023).
click to zoom
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (kanan) menerima audiensi Delegasi US Kratom Association dan Asosiasi Petani Purik Indonesia (Appuri) di Jakarta, Selasa (24/7/2023).
click to zoom
Senior Fellow on Public Policy, American Kratom Association Charles McClain Haddow, Bramble Utah State Senate, Former President of the National Conference of State Legislatures Senator Curtis Scott, Executive Director, American Kratom Association Ryan Douglas Burroughs dan Speaker Pro-Tempore, Rhode Island House of Representatives, President-Elect to the National Conference of State Legislatures Representative Brian Patrick Kennedy beraudiensi dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Senin (24/7/2023).
click to zoom
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (tengah) berfoto bersama dengan Delegasi US Kratom Association dan Asosiasi Petani Purik Indonesia (Appuri) di Jakarta, Selasa (24/7/2023).
click to zoom
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin (kiri) menerima audiensi Delegasi US Kratom Association dan Asosiasi Petani Purik Indonesia (Appuri) di Jakarta, Selasa (24/7/2023). Adapun sejumlah poin yang disampaikan dalam audiensi tersebut yaitu terdapat manfaat sosial ekonomi yang dapat dirasakan oleh masyarakat dengan adanya komoditas tanaman kratom serta tingginya kebutuhan dan permintaan pasar dunia terhadap komoditas kratom yang hingga saat ini sudah mencapai 2000-3000 ton per bulan.

Appuri sebagai perwakilan petani Kratom Indonesia juga mendorong dan mendukung kementerian kesehatan untuk mengatur tentang tanaman kratom, karena manfaat tanaman kratom dinilai sangat besar bagi masyarakat dan sebagai salah satu sumber pemasukan devisa negara.

Selain itu, Indonesia juga diharapkan dapat menjadi pemasok utama Kratom untuk pasar dunia melalui hilirisasi produk kratom seperti memproduksi ektract dan untuk keperluan medis sehingga menaikan nilai ekonomi komiditi denan penerapan standar ekspor untuk menghindari masalah kontaminasi, sehingga negara pengimpor terutama USA atau FDA tidak membuat red notice untuk impor kratom dari indonesia.

Foto Isra Triansyah
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More