Hari Konservasi Alam, Amartha-Jejakin Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Morodemak

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 08:04 WIB
PT Amartha Mikro Fintek menggandeng Jejakin, perusahaan teknologi yang berfokus pada masalah perubahan iklim melakukan penanaman 1.000 bibit tanaman bakau atau mangrove di pesisir Pantai Morodemak, Demak, Jawa Tengah, Kamis (10/8/2023).
click to zoom
Kegiatan penanaman 1.000 bibit tanaman bakau bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap 10 Agustus, yang diinisiasi oleh Amartha Lestari di bawah naungan Amartha Foundation.
click to zoom
Kegiatan penanaman 1.000 bibit tanaman bakau bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap 10 Agustus, yang diinisiasi oleh Amartha Lestari di bawah naungan Amartha Foundation.
click to zoom
PT Amartha Mikro Fintek menggandeng Jejakin, perusahaan teknologi yang berfokus pada masalah perubahan iklim melakukan penanaman 1.000 bibit tanaman bakau atau mangrove di pesisir Pantai Morodemak, Demak, Jawa Tengah, Kamis (10/8/2023). Kegiatan penanaman 1.000 bibit tanaman bakau bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap 10 Agustus, yang diinisiasi oleh Amartha Lestari di bawah naungan Amartha Foundation.

Menurut Chief Risk and Sustainability Amartha Aria Widyanto Amartha sebagai perusahaan yang menerapkan prinsip keberlanjutan berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. "Penanaman 1.000 mangrove merupakan bagian dari langkah awal Amartha untuk meningkatkan resiliensi dan keseimbangan yang berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat di kawasan pesisir yang rawan terhadap abrasi, seperti di pesisir Pantai Morodemak," katanya.

Dengan penanaman bibit tanaman bakau itu diharapkan bisa menyeimbangkan emisi karbon (carbon offsetting) dan menjadikan Amartha sebagai "carbon neutral company" di masa mendatang. Menurutnya, program tersebut tidak hanya berhenti pada penanaman mangrove saja, melainkan terus berlanjut pada pemberdayaan masyarakat di daerah rentan hingga perluasan produk-produk "green financing" di masa mendatang.

Pada tahun 2022, Amartha juga telah berhasil melakukan program serupa dengan menanam sebanyak 4.000 bibit tanaman bakau di wilayah seluas 4 hektare di pesisir Pulau Tanakeke, Sulawesi Selatan. Keberhasilan tersebut menjadi inspirasi bagi Amartha untuk terus berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan ekosistem mangrove di berbagai wilayah Indonesia lainnya.

Founder and CEO Jejakin Arfan Arlanda menjelaskan bahwa pelestarian habitat bakau tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, namun harus melibatkan banyak pihak, termasuk kolaborasi dengan swasta dan masyarakat. "Harapannya, masyarakat dan lembaga lainnya akan semakin sadar dampak yang ditimbulkan dari emisi karbon, dan tergerak untuk berperan aktif dalam menyeimbangkan karbon," ujarnya.

Foto: Ahmad Antoni
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More