Mayat Korban Membusuk, Tim SAR Semprot Disinfektan di Lokasi Banjir Libya

Senin, 18 September 2023 - 12:11 WIB
Personel tim SAR mengenakan pakaian hazmat saat menyemprotkan disinfektan di Kota Derna, Libya, Minggu (17/9/2023)
click to zoom
Personel tim SAR mengenakan pakaian hazmat saat menyemprotkan disinfektan di Kota Derna, Libya, Minggu (17/9/2023)
click to zoom
Personel tim SAR mengenakan pakaian hazmat di Kota Derna, Libya, Minggu (17/9/2023)
click to zoom
DERNA - Personel tim SAR mengenakan pakaian hazmat saat menyemprotkan disinfektan di Kota Derna, wilayah terparah terdampak banjir bandang Libya, Minggu (17/9/2023).

Penyemprotan disinfektan dilakukan di Kota Derna di tengah meningkatnya kekhawatiran penyebaran penyakit menular, ketika mayat mulai membusuk, menyusul banjir fatal di Derna. Hingga kini evakuasi korban tewas banjir bandang di Derna terus dilakukan oleh tim SAR gabungan internasional.

Dipetik dari REUTERS, warga yang selamat menghadapi dilema apakah tetap tinggal dan mengambil risiko tertular atau mengungsi melalui daerah di mana ranjau darat telah terlantar akibat arus deras.

Ribuan orang tewas setelah dua bendungan di atas Kota Derna jebol pada 10 September saat terjadi badai dahsyat, merobohkan blok pemukiman yang melapisi dasar sungai yang biasanya kering saat orang-orang tertidur. Banyak jenazah yang tersapu ke laut.

Seluruh distrik Derna, dengan perkiraan populasi sedikitnya 120.000 jiwa, tersapu atau terkubur dalam lumpur. Media pemerintah mengatakan sedikitnya 891 bangunan hancur di kota itu, dan wali kota mengatakan 20.000 jiwa diperkirakan tewas.

FOTO : REUTERS/Amr Alfiky
(ary)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More