AS - Iran Tukar Tahanan, Libatkan Uang Rp92,2 Triliun

Selasa, 19 September 2023 - 07:36 WIB
Warga Iran yang dibebaskan AS Siamak Namazi, Morad Tahbaz dan Emad Shargi turun dari pesawat di Bandara Internasional Doha, Qatar, Senin (18/9)
click to zoom
Siamak Namazi and Morad Tahbaz disambut keluarga di Bandara Internasional Doha, Qatar, Senin (18/9)
click to zoom
Duta besar Amerika Serikat untuk Qatar Timmy Davis menyambut tahanan asal AS yang dibebaskan Iran di Bandara Internasional Doha, Qatar, Senin (18/9)
click to zoom
DOHA - Lima warga Amerika Serikat dibebaskan Iran dan telah meninggalkan Doha, Qatar, pada Senin (18/9) sebagai bagian dari pertukaran tahanan untuk lima warga Iran yang ditahan di Amerika Serikat dan pencairan dana milik Iran sebesar USD6 miliar atau sekitar Rp92,2 triliun.

Sebuah pesawat yang dikirim Qatar menerbangkan lima warga AS dan dua kerabat mereka keluar dari Teheran setelah kedua belah pihak mendapat konfirmasi bahwa uang sebesar Rp92,2 triliun tersebut telah ditransfer dari Korea Selatan ke rekening Qatar, sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada REUTERS.

Pejabat AS berpendapat bahwa uang tersebut adalah milik Iran dan ditransfer dari rekening terbatas di Korea Selatan ke rekening terbatas di Qatar. Dana tersebut hanya dapat dibelanjakan untuk makanan, obat-obatan, dan barang-barang kemanusiaan lainnya yang diawasi oleh AS.

Secara terpisah, Press TV milik pemerintah Iran mengatakan lima warga Iran yang ditahan oleh Amerika Serikat dan didakwa melakukan kejahatan telah dibebaskan, sebuah rujukan jelas pada pemberian grasi kepada mereka, dan dua di antaranya telah mendarat di Teheran. Tiga lainnya diperkirakan tidak akan kembali ke Iran.

“Hari ini, lima orang Amerika tak berdosa yang dipenjarakan di Iran akhirnya pulang,” kata Presiden AS Joe Biden dalam sebuah pernyataan tak lama sebelum para tahanan AS menuruni tangga jet Qatar di Doha untuk dipeluk oleh diplomat AS.

Gedung Putih mengonfirmasi bahwa sebuah pesawat yang membawa kelima orang tersebut, bersama dengan dua anggota keluarga AS yang meninggalkan Teheran bersama mereka sebelumnya, sedang dalam perjalanan ke AS, di mana mereka akan ditawari perawatan medis oleh militer AS saat mereka menyesuaikan diri dengan kebebasan.

FOTO : REUTERS/Mohammed Dabbous
(ary)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More