Diserbu Plankton, Perairan Chonburi Thailand Berubah Warna Hijau

Rabu, 20 September 2023 - 21:41 WIB
Foto udara perairan Chonburi yang berubah warna menjadi hijau akibat serbuan plankton, September 14, 2023
click to zoom
Peneliti dari Kasetsart University memotret perairan Chonburi yang berwarna hijau
click to zoom
Peneliti dari Kasetsart University mengambil sampe perairan Chonburi yang berwarna hijau
click to zoom
Phytoplankton Noctiluca Scintillans terlihat dari mikroskop
click to zoom


CHONBURI - Foto udara perairan Chonburi yang berubah warna menjadi hijau akibat serbuan plankton, September 14, 2023. Pertumbuhan plankton yang sangat padat di lepas pantai timur Thailand termasuk pesisir Chonburi menciptakan “zona mati” perairan, mengancam mata pencaharian nelayan setempat yang membudidayakan kerang di perairan tersebut.

Ilmuwan kelautan mengatakan beberapa daerah di Teluk Thailand memiliki jumlah plankton 10 kali lebih banyak dari jumlah normal, sehingga mengubah air menjadi hijau terang dan membunuh kehidupan laut.

“Ini pertama kalinya saya melihatnya dengan sangat buruk,” kata ilmuwan kelautan Tanuspong Pokavanich. “Ini sangat parah.”

Pertumbuhan plankton terjadi satu atau dua kali setahun dan biasanya berlangsung dua hingga tiga hari, kata para ahli. Mereka dapat menghasilkan racun yang membahayakan lingkungan, atau dapat membunuh kehidupan laut dengan menghabiskan oksigen di dalam air dan menghalangi sinar matahari.

Pesisir Chonburi terkenal dengan peternakan kerangnya, dan lebih dari 80% dari hampir 300 lahan di wilayah tersebut terkena dampaknya, kata Satitchat Thimkrajong, presiden Asosiasi Perikanan Chonburi.

FOTO : REUTERS/Napat Wesshasartar, Athit Perawongmetha
(ary)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More