13 Orang Tewas dalam Kebakaran Klub Malam di Murcia Spanyol

Senin, 02 Oktober 2023 - 10:20 WIB
Seorang petugas pemadam kebakaran berjalan keluar dari klub malam yang terbakar di Murcia, Spanyol, 1 Oktober 2023. REUTERS/Eva Manez
click to zoom
Sejumlah orang melihat fasad yang rusak setelah klub malam yang bersebelahan terbakar di Murcia, Spanyol, 1 Oktober 2023. REUTERS/Eva Manez
click to zoom
Orang-orang berdiri di luar setelah klub malam yang bersebelahan terbakar di Murcia, Spanyol, 1 Oktober 2023. REUTERS/Eva Manez
click to zoom
Ines, yang putranya tewas saat klub malam tempat ia merayakan ulang tahunnya terbakar, bereaksi di Murcia, Spanyol, 1 Oktober 2023. REUTERS/Eva Manez
click to zoom
Sedikitnya 13 orang telah tewas dalam kebakaran di sebuah klub malam di Murcia, Spanyol tenggara, layanan darurat mengatakan pada hari Minggu, menambahkan bahwa tim penyelamat masih mencari orang-orang yang belum ditemukan setelah kebakaran.
click to zoom
MADRID, 1 Oktober (Reuters) - Sedikitnya 13 orang telah tewas dalam kebakaran di sebuah klub malam di Murcia, Spanyol tenggara, layanan darurat mengatakan pada hari Minggu, menambahkan bahwa tim penyelamat masih mencari orang-orang yang belum ditemukan setelah kebakaran.

Di luar klub, anak-anak muda berpelukan, terlihat terkejut saat mereka menunggu informasi setelah kebakaran yang terjadi pada dini hari di Atalayas, di pinggiran kota.

"Saya rasa kami pergi 30 detik sampai 1 menit sebelum alarm berbunyi dan semua lampu padam (dan) teriakan bahwa ada kebakaran," ujar salah satu korban yang tidak disebutkan namanya.

"Lima anggota keluarga dan dua teman hilang."

Media Spanyol melaporkan bahwa beberapa korban tewas berasal dari satu kelompok yang sedang merayakan ulang tahun.

Diego Seral, dari Kepolisian Nasional Spanyol, mengatakan kepada wartawan bahwa korban tewas ditemukan di klub malam Fonda Milagros, salah satu dari tiga klub yang bersebelahan, yang mengalami sebagian besar kerusakan akibat kebakaran, termasuk runtuhnya atap, tambahnya.

Runtuhnya atap menyulitkan pencarian korban, dan sulit untuk menentukan di mana tepatnya kebakaran dimulai, katanya.

Para penyelidik polisi belum dapat mengakses lokasi karena suhu yang tinggi dan bahaya keruntuhan.

Identifikasi mayat-mayat itu akan memakan waktu, kata Seral. Layanan darurat menyebutkan jumlah korban tewas, yang terus meningkat sepanjang hari, mencapai 13 orang. Penyebab kebakaran sedang diselidiki.

Sebelumnya, Walikota Murcia, Jose Ballesta, mengatakan kepada para wartawan bahwa tujuh mayat telah ditemukan di area yang sama di lantai satu, tempat kebakaran terjadi.

Seorang juru bicara klub malam Teatre, Maria Dolores Albellan, mengatakan kepada para wartawan bahwa api berasal dari klub tetangga, Fonda Milagros, sebelum menyebar ke dua klub yang bersebelahan.

Ballesta mengumumkan tiga hari berkabung bagi mereka yang meninggal. Bendera diturunkan setengah tiang di luar Balai Kota Murcia.

Rekaman yang dirilis oleh dinas pemadam kebakaran Murcia menunjukkan petugas pemadam kebakaran bekerja untuk mengendalikan api di dalam klub malam. Api telah menghancurkan sebagian atap, rekaman itu menunjukkan.

"Kami sangat terpukul," kata Ballesta di saluran TV Spanyol 24h, dan menambahkan bahwa tim penyelamat masih mencari beberapa orang yang dilaporkan hilang.

Ballesta mengatakan kepada 24h bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 6 pagi dan kini telah berhasil dikendalikan.

Empat orang telah dirawat di rumah sakit karena menghirup asap.

(Laporan oleh Jessica Jones; Penyuntingan oleh Hugh Lawson, Alison Williams dan Emelia Sithole-Matarise), Foto REUTERS/Eva Manez
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More