Unjuk Rasa Terus Meluas, Thailand Keluarkan Dekrit Darurat

Kamis, 15 Oktober 2020 - 21:27 WIB
Ribuan demonstran melakukan salam hormat tiga jari saat unjuk rasa protes anti-pemerintah di Bangkok, Thailand, Kamis (15/10/2020).
click to zoom
Polisi mengamankan aksi unjuk rasa anti pemerintah di Thailand.
click to zoom
Peseta unjuk rasa anti pemerintah tidur di jalan utama Kota Bangkok.
click to zoom
Pemerintah Thailand mengeluarkan dekrit darurat yang melarang demonstrasi dan publikasi berita yang sensitif.
click to zoom
Dekrit itu juga bertujuan untuk menghalangi merebaknya gerakan pemuda yang meminta pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Prayuth Chanocha, mantan pemimpin junta militer. Dekrit itu juga dianggap sebagai bentuk ketakutan pemerintahan dan kerajaan Thailand terhadap gerakan generasi milenial yang mulai peduli dengan nasib demokrasi di negara tersebut.
click to zoom
Ribuan demonstran melakukan salam hormat tiga jari saat unjuk rasa protes anti-pemerintah di Bangkok, Thailand, Kamis (15/10/2020). Pemerintah Thailand mengeluarkan dekrit darurat yang melarang demonstrasi dan publikasi berita yang sensitif. Langkah itu bertujuan untuk menghentikan gerakan anti-monarki dan menuntut pembatasan kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn yang meluas di kalangan generasi muda di Negeri Gajah Putih itu.

Dekrit itu juga bertujuan untuk menghalangi merebaknya gerakan pemuda yang meminta pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Prayuth Chan’ocha, mantan pemimpin junta militer. Dekrit itu juga dianggap sebagai bentuk ketakutan pemerintahan dan kerajaan Thailand terhadap gerakan generasi milenial yang mulai peduli dengan nasib demokrasi di negara tersebut.

REUTERS / Soe Zeya Tun
(bon)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More