Israel Kembali Gempur Palestina, 100.000 Tentara Dikerahkan

Senin, 09 Oktober 2023 - 13:23 WIB
Asap membumbung menyusul serangan Israel di Gaza, 9 Oktober 2023. REUTERS/Mohammed Salem
click to zoom
Asap membumbung menyusul serangan Israel di Gaza, 9 Oktober 2023. REUTERS/Mohammed Salem
click to zoom
Asap membumbung menyusul serangan Israel di Gaza, 9 Oktober 2023. REUTERS/Mohammed Salem
click to zoom
Asap membumbung menyusul serangan Israel di Gaza, 9 Oktober 2023. REUTERS/Mohammed Salem
click to zoom
YERUSALEM/GAZA, 9 Oktober (Reuters) - Militer Israel pada hari Senin (9/10) mengatakan bahwa pihaknya telah menyerang ratusan target Hamas dan Jihad Islam di Jalur Gaza dalam semalam dan telah mengirimkan empat divisi tempur ke selatan di mana mereka terus memerangi para militan Islamis, dua hari setelah sebuah serangan berdarah.

Seorang juru bicara militer mengatakan pertempuran sedang berlangsung di tujuh atau delapan lokasi di dekat Gaza dua hari setelah orang-orang bersenjata dari kelompok Islamis Hamas menewaskan 700 warga Israel dan menculik puluhan lainnya dalam serangan paling mematikan ke dalam wilayah Israel sejak serangan Mesir dan Suriah pada perang Yom Kippur 50 tahun yang lalu.

Para pejuang Hamas juga terus menyeberang ke Israel dari Gaza, kata juru bicara itu.

Jet tempur, helikopter dan artileri menghantam lebih dari 500 sasaran Hamas dan Jihad Islam di Jalur Gaza dalam semalam, dengan target termasuk pusat komando Hamas dan Jihad Islam serta kediaman pejabat senior Hamas Ruhi Mashtaa yang diduga membantu mengarahkan penyusupan ke Israel.

Petugas medis di Gaza mengatakan sedikitnya tujuh orang Palestina tewas dalam dua serangan udara Israel terhadap dua rumah. Pesawat-pesawat Israel melakukan puluhan serangan udara, sebagian besar di kota utara Beit Hanoun.

Serangan udara Israel pada hari Minggu menghantam blok-blok perumahan, terowongan, sebuah masjid dan rumah-rumah pejabat Hamas di Gaza. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan lebih dari 400 orang termasuk sejumlah anak-anak telah tewas.

"Harga yang harus dibayar Jalur Gaza adalah harga yang sangat mahal yang akan mengubah kenyataan selama beberapa generasi," kata Menteri Pertahanan Yoav Gallant di kota Ofakim, yang mengalami korban jiwa dan penyanderaan.

Juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Jonathan Conricus, mengatakan bahwa negaranya telah mengerahkan sekitar 100.000 tentara.

"Tugas kami adalah memastikan bahwa pada akhir perang ini, Hamas tidak lagi memiliki kemampuan militer untuk mengancam warga sipil Israel, dan selain itu kami juga perlu memastikan bahwa Hamas tidak akan memerintah Jalur Gaza," katanya.

Di luar Gaza yang diblokade, pasukan Israel dan milisi Hizbullah Lebanon yang didukung Iran saling bertukar tembakan artileri dan roket pada hari Minggu, sementara di Mesir, dua turis Israel ditembak mati bersama seorang pemandu.

Seruan untuk menahan diri datang dari seluruh dunia, meskipun negara-negara Barat sebagian besar mendukung Israel.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengecam apa yang disebutnya sebagai "kampanye kematian dan penghancuran yang biadab" oleh Israel.

"Sebagai kekuatan pendudukan, Israel tidak memiliki hak atau pembenaran untuk menargetkan penduduk sipil yang tak berdaya di Gaza atau di tempat lain di Palestina," kata kementerian itu pada hari Minggu.

Di Israel selatan, orang-orang bersenjata Hamas masih memerangi pasukan keamanan Israel setelah serangan mendadak mereka dengan rentetan roket dan kelompok-kelompok bersenjata yang menyerbu pangkalan-pangkalan militer dan menyerbu kota-kota perbatasan.

"Butuh waktu lebih lama dari yang kami perkirakan untuk mengembalikan keadaan ke dalam postur pertahanan dan keamanan," kata Letnan Kolonel Richard Hecht dalam sebuah konferensi pers.

(Reporting by Maayan Lubell and Ari Rabinovitch in Jerusalem, Nidal al-Mughrabi in Gaza and Ammar Anwar in Sderot; Additional reporting by Henriette Chacar, Emily Rose and Dan Williams in Jerusalem, Ali Sawafta in Ramallah and Steven Scheer in Modiin, and Washington bureau; Writing by Stephen Coates; Editing by Michael Perry)

FOTO REUTERS/Mohammed Salem

Baca juga : Israel Balas Serangan Hamas, 78 Anak-anak Palestina Terbunuh
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More