Semangat Membatik Pelaku UMKM di Semarang

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 05:09 WIB
Sejumlah ibu-ibu bersemangat membatik di Kampung Tematik Batik Durenan Indah, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).
click to zoom
Sejumlah ibu-ibu bersemangat membatik di Kampung Tematik Batik Durenan Indah, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).
click to zoom
Para ibu-ibu di Kampung Durenan ini sukses mengembangkan batik tulis dengan dukungan Pemkot Semarang, Pemprov Jateng hingga akademisi.
click to zoom
Kampung Batik Durenan memiliki lima kelompok perajin yang masing-masing kelompok terdiri lima orang ibu-ibu yang lebih banyak beraktivitas di rumah
click to zoom
Sempat berhenti karena pandemi Covid-19, semangat ibu-ibu di Durenan Indah kembali menggeliat.
click to zoom
Tak hanya membatik, ibu-ibu juga memberikan pelatihan ke kelompok ibu-ibu di daerah lain. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha. Harapannya, para pelaku UMKM mengalami peningkatan kualitas, produksi hingga pemasaran.
click to zoom
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng juga melakukan pendampingan pelaku usaha dengan metode semi inkubasi selama 10 bulan.
click to zoom
Sejumlah ibu-ibu bersemangat membatik di Kampung Tematik Batik Durenan Indah, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023). Para ibu-ibu di Kampung Durenan ini sukses mengembangkan batik tulis dengan dukungan Pemkot Semarang, Pemprov Jateng hingga akademisi.

Kampung Batik Durenan memiliki lima kelompok perajin yang masing-masing kelompok terdiri lima orang ibu-ibu yang lebih banyak beraktivitas di rumah. Sempat berhenti karena pandemi Covid-19, semangat ibu-ibu di Durenan Indah kembali menggeliat. Tak hanya membatik, ibu-ibu juga memberikan pelatihan ke kelompok ibu-ibu di daerah lain. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan dukungan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha. Harapannya, para pelaku UMKM mengalami peningkatan kualitas, produksi hingga pemasaran.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng juga melakukan pendampingan pelaku usaha dengan metode semi inkubasi selama 10 bulan. Selain dapat meningkatkan ekonomi pelaku usaha juga membantu dalam penyerapan tenaga kerja produktif. Pemerintah juga menyediakan gerai UMKM yang berada di bandara sebagai ruang pameran dan penjualan produk-produk UMKM dari semua sektor.

FOTO: Ahmad Antoni
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More