Aksi Protes Puluhan Ribu Massa dan Pembakaran Dua Gereja di Chili

Senin, 19 Oktober 2020 - 18:16 WIB
Menara gereja yang dibakar demonstran roboh saat puluhan ribu pengunjuk rasa menggelar peringatan satu tahun protes dan kerusuhan massal yang menewaskan 30 orang dan ribuan orang lainnya terluka tahun 2019 di Santiago, Chili, Minggu (18/10/2020) waktu setempat.
click to zoom
Polisi membubarkan paksa demonstran yang melakukan penjarahan supermarket dan merusak fasilitas umum.
click to zoom
Unjuk rasa yang diikuti puluhan ribu warga tersebut awalnya berjalan damai dan tertib.
click to zoom
Petugas pemadam kebarakaran merusaha memadamkan api yang membakar gereja dalam unjuk rasa memprotes pemerintah Chili di Santiago.
click to zoom
Aksi yang berlangsung hingga malam tersebut berakhir ricuh setelah adanya insiden kekerasan, penjarahan supermarket dan benterok dengan polisi.
click to zoom
Salah satu dari dua gereja yang dibakar massa saat unjuk rasa menetang pemerintah Chili. Unjuk rasa yang dipimpin oleh mahasiswa tersebut di ikuti sekitar 25.000 orang, jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan aksi protes terbesar pada tahun 2019.
click to zoom
Menara gereja yang dibakar demonstran roboh saat puluhan ribu pengunjuk rasa menggelar peringatan satu tahun protes dan kerusuhan massal yang menewaskan 30 orang dan ribuan orang lainnya terluka tahun 2019 di Santiago, Chili, Minggu (18/10/2020) waktu setempat. Unjuk rasa yang diikuti puluhan ribu warga tersebut awalnya berjalan damai dan tertib. Aksi yang berlangsung hingga malam tersebut berakhir ricuh setelah adanya insiden kekerasan, penjarahan supermarket dan benterok dengan polisi.

Dalam aksinya, demonstran Chili melakukan pembakaran dua gereja serta merusak fasilitas umum.

Unjuk rasa yang dipimpin oleh mahasiswa tersebut diikuti sekitar 25.000 orang, jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan aksi protes terbesar pada tahun 2019.

Masa menyampakan tuntututan mereka diantaranya menolak kenaikan tarif metro, dan kenaikan biaya hidup serta mengungkapkan ketidakpuasan terkait kesetaraan hidup bagi masyarakat Chili.

REUTERS / Ivan Alvarado
(bon)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More