Kadin Indonesia Apresiasi Visi dan Misi Capres yang Selaras dengan Cita-Cita Indonesia Emas 2045

Sabtu, 13 Januari 2024 - 11:43 WIB
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menghadiri kegiatan dialog bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta, Kamis (11/1/2024). Calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menyatakan akan melakukan modernisasi pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Indonesia. Modernisasi pertanian dinilai juga akan menumbuhkan minat pertanian bagi anak muda.
click to zoom
Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo bersama Plh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi pada diskusi bersama KADIN: Menuju Indonesia Emas 2045 Kamis (11/1/2024).
click to zoom
Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menghadiri diskusi bersama KADIN: Menuju Indonesia Emas 2045 Jumat (12/1/2024).
click to zoom
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai adanya kesamaan pandangan pada tiga pasangan calon presiden (capres) mengenai pentingnya menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri selama penyelenggaraan Pemilu 2024.
click to zoom
Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan pada diskusi bersama KADIN: Menuju Indonesia Emas 2045 Kamis (11/1/2024).
click to zoom
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai adanya kesamaan pandangan pada tiga pasangan calon presiden (capres) mengenai pentingnya menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri selama penyelenggaraan Pemilu 2024.
click to zoom
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai adanya kesamaan pandangan pada tiga pasangan calon presiden (capres) mengenai pentingnya menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri selama penyelenggaraan Pemilu 2024.
click to zoom
Jakarta, 12 Januari 2024 – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai adanya kesamaan pandangan pada tiga pasangan calon presiden (capres) mengenai pentingnya menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri selama penyelenggaraan Pemilu 2024. Ketiga Capres juga memiliki tujuan yang sama dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Hal ini disimpulkan Kadin setelah berhasil menggelar Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045 di Ballroom Djakarta Theater.

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Anindya Bakrie mengapresiasi partisipasi seluruh capres sehingga dialog ekonomi tersebut dapat berlangsung secara kondusif. Kadin berharap, hasil dari dialog para capres dengan pelaku usaha ini bisa menjadi sinyalemen positif khususnya bagi dunia usaha di Indonesia yang membutuhkan adanya kepastian hukum, jaminan keamanan dan kebijakan pembangunan jangka panjang yang berkelanjutan.

“Sebagai satu satunya payung organisasi dunia usaha sesuai dengan amanat UU No. 1987 dan Keputusan Presiden No. 18 Tahun 2022, Kadin Indonesia berkomitmen untuk menjaga netralitas sepanjang Pemilu 2024 dan terus mendukung berjalannya roda perekonomian dan bisnis,” ujarnya.

Anindya menambahkan, berdasarkan pemaparan para capres saat dialog, Kadin menyimpulkan para capres juga memiliki visi dan misi pembangunan ekonomi yang relatif selaras dengan Roadmap Indonesia Emas 2045. Sebagaimana diketahui, Kadin Indonesia telah membuat peta jalan (roadmap), yang bisa menjadi panduan bagi dunia usaha dan swasta sekaligus melengkapi roadmap yang disusun pemerintah untuk menuju Indonesia Emas 2045. Peta jalan yang dibuat Kadin setidaknya menekankan pada empat pilar, yaitu ketahanan pangan dan kesehatan, kesejahteraan, inklusivitas, serta keberlanjutan (sustainability).

Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, setelah mendengarkan pemaparan visi, misi maupun program ekonomi dari masing-masing capres, Kadin optimistis cita-cita Indonesia Emas 2045 yaitu terlepas dari middle income trap serta menjadi negara maju dan sejahtera bisa terwujud.

“Bagi dunia usaha, siapa pun yang terpilih mampu memprioritaskan pertumbuhan ekonomi nasional dengan cara memastikan kemudahan berusaha, memberikan kepastian hukum, dan menjamin pembukaan kesempatan yang setara dan adil untuk semua. Namun, Kadin juga realistis bahwa cita-cita itu hanya bisa tercapai kalau semua stakeholders terlibat dengan dilandasi semangat gotong royong dan Bhinneka Tunggal Ika. Jadi, kuncinya adalah kolaborasi, inklusif dan berkelanjutan,” tandas Yukki.

Dalam kesempatan dialog bersama Kadin, para capres menyampaikan secara umum visi, misi dan program ekonomi yang diusungnya sejalan dan mendukung Roadmap Indonesia Emas 2045 yang disusun Kadin.

Capres nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengusung 21 program dan menargetkan pertumbuhan ekonomi hingga 7% dan pembukaan 17 ribu lapangan pekerjaan. Beberapa program yang menjadi fokus mencakup ketahanan pangan melalui modernisasi pertanian, pengembangan industri kesehatan di antaranya melalui peningkatan anggaran R&D, hilirisasi industri, meningkatkan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa naik kelas, dan pembangunan yang berkelanjutan melalui upaya-upaya pengurangan emisi karbon dan transisi energi ramah lingkungan secara bertahap.

Capres nomor urut 01, Anies Baswedan, menyampaikan mengenai visi dan misinya mengenai “Indonesia Adil Makmur untuk Semua” melalui pertumbuhan yang berkualitas, merata dan berkelanjutan. Masalah pangan dan kesehatan, hilirisasi industri, pengurangan biaya logistik, serta penggunaan energi ramah lingkungan untuk pembangunan yang berkelanjutan menjadi sejumlah area yang menjadi fokus. Untuk mencapai visi yang diusungnya, Anies menekankan pada pentingnya membangun iklim usaha yang kondusif melalui kepastian hukum dan kebijakan jangka Panjang, di samping menurunkan biaya hidup dan pembukaan lapangan kerja.

Sementara capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, juga mrnakankan pentingnya ketahanan pangan sebagai urat nadi kehidupan bangsa. Karena itu, pihaknya akan membangun lumbung pangan (food estate) yang sebenarnya sudah pernah digagas pada masa pemerintahan jauh sebelumnya. Prabowo juga menyatakan masih terbuka ruang bagi Indonesia untuk meningkatkan belanja untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk dalam mengembangkan industri Kesehatan dan farmasi. Hal penting dalam program ekonomi Prabowo adalah hilirisasi terhadap 21 produk mulai dari bahan tambang hingga pertanian.

Di akhir acara dialog, para capres juga menyampaikan apresiasi kepada Kadin yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk memaparkan mengenai visi, misi dan porogram ekonomi yang mereka angkat dalam kontestasi Pemilu 2024. Ketiga capres juga menyampaikan peran penting Kadin sebagai mitra strategis karena keberhasilan pembangunan ekonomi hanya bisa dicapai lewat kolaborasi semua pihak, khususnya dunia usaha.

Kami menyambut positif apa yang telah dilakukan Kadin, karena dialog seperti ini memugkinkan para pengusaha dan masyarakat menilai seberapa banyak kesamaan aspirasi mereka dengan aspirasi para capres. Ini penting supaya nanti mereka bisa membandingkan mana yang dianggap sesuai dengan aspirasinya. Saya dengar, Kadin secara rutin menggelar dialog dengan capres dan ini adalah yang keempat. Ini merupakan hal positif dan perlu terus dilanjutkan,” papar Anies.

“Kita butuh survive dan berkembang dari sisi ekonomi dan pemerintah tidak bisa sendiri, harus berkolaborasi dengan dunia usaha. Kadin itu mitra pemerintah paling strategis, bukan hanya secara nasional, tapi juga di level daerah,” ucap Ganjar.

Terima kasih kepada Kadin yang sudah mengundang untuk berdialog. Masalah ekonomi sangat penting bagi kehidupan bangsa kita, sehingga saya punya gagasan mengundang Kadin untuk berdialog lebih dalam. Saya siap jika memang membahas lebih dalam. Masalah kelangsungan bernegara adalah membangun kemakmuran. Untuk itu, harus ada kerja sama antara pengusaha, buruh, petani, pemerintah, semuanya. Kuncinya adalah kerja sama,” tandas Prabowo.

Dialog ekonomi bersama ketiga capres yang dihelat di Ballroom Jakarta Theater, hari ini, Kamis (11/1), terselenggara atas kolaborasi Kadin Indonesia, Kadin Provinsi DKI Jakarta, dan didukung oleh TV One. Acara dialog dibagi tiga sesi yang terpisah untuk masing-masing capres. Sesi I pada pukul 13.00 -15.00 diiisi oleh capres nomor 3, Ganjar Pranowo. Sesi II pukul 19.00 – 21.00 diisi oleh capres nomor 1, Anies Baswedan dan Sesi III di hari Jumat (12/1) pukul 09.30 – 11.30 diisi oleh capres nomor 2, Prabowo Subianto.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More