Digitalisasi Konservasi Mangrove

Senin, 27 Mei 2024 - 18:59 WIB
Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah, Wakil Rektor II - Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. (baju merah), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) - Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak- Ir. Nanang Tasunar DN, MM, melakukan penandatanganan kerjasama program Digitalisasi Konservasi Mangrove, di Gedung FEB Undip Semarang, Senin (27/5/2024).
click to zoom
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menggandeng Global System for Mobile Communication Association (GSMA) dan Universitas Diponegoro (Undip) mengembangkan program Digitalisasi Konservasi Mangrove.
click to zoom
Program ini merupakan salah satu wujud dukungan terhadap konservasi mangrove di wilayah pesisir dengan memanfaatkan teknologi IoT untuk mengantisipasi dampak abrasi di pantai utara (Pantura) Jawa.
click to zoom
Program ini turut melibatkan sivitas akademika dari Undip dalam rangka mendorong kolaborasi antara pihak akademisi dengan praktisi bidang teknologi. Langkah ini sejalan dengan transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi (TelCo) ke perusahaan teknologi (TechCo).
click to zoom
Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah, Wakil Rektor II - Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. (baju merah), Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) - Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak- Ir. Nanang Tasunar DN, MM, melakukan penandatanganan kerjasama program Digitalisasi Konservasi Mangrove, di Gedung FEB Undip Semarang, Senin (27/5/2024). Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menggandeng Global System for Mobile Communication Association (GSMA) dan Universitas Diponegoro (Undip) mengembangkan program Digitalisasi Konservasi Mangrove. Program ini merupakan salah satu wujud dukungan terhadap konservasi mangrove di wilayah pesisir dengan memanfaatkan teknologi IoT untuk mengantisipasi dampak abrasi di pantai utara (Pantura) Jawa.

“Isu perubahan iklim menjadi perhatian global karena dampaknya yang signifikan di seluruh dunia. Khusus di daerah pantai utara Jawa, kami melihat bahwa abrasi kini telah menyebabkan banyak wilayah pesisir terendam, termasuk lahan produktif,” kata Muhammad Buldansyah, Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Oleh karena itu, lewat program Digitalisasi Konservasi Mangrove di Semarang ini, Indosat berkomitmen mendukung upaya pengendalian abrasi lewat pelestarian vegetasi pantai utara Jawa. Program ini turut melibatkan sivitas akademika dari Undip dalam rangka mendorong kolaborasi antara pihak akademisi dengan praktisi bidang teknologi. Langkah ini sejalan dengan transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi (TelCo) ke perusahaan teknologi (TechCo).

Melalui kolaborasi ini, Indosat menghadirkan solusi Internet of Things (IoT) berupa teknologi Silvo-fishery. Teknologi ini merupakan pengembangan sistem akuakultur yang menggabungkan teknologi perikanan dengan penanaman mangrove, dan turut dilengkapi dengan sistem manajemen yang mampu mengurangi dampak pada lingkungan. Dengan teknologi Silvo-fishery, Indosat mengandalkan kekuatan IoT-nya untuk memonitor kualitas air dan produktivitas tambak perikanan, sekaligus melestarikan ekositem mangrove di dalamnya.

Sebagai informasi, mengutip data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia memegang peran kunci dalam pelestarian lingkungan sekitar 23% dari total tanaman mangrove dunia, atau setara dengan 3,5 juta hektar. Ekosistem ini memberikan manfaat penting bagi kehidupan manusia dan lingkungan, di antaranya sebagai habitat bagi berbagai biota laut, perlindungan pantai dari abrasi, dan penyerapan karbon dengan potensial 4-5 kali lipat lebih besar dari hutan daratan. Maka dari itu, inisiatif Indosat ini menjadi penting sebagai upaya bersama dalam melindungi dan memanfaatkan ekosistem mangrove secara berkelanjutan.

Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip menyambut baik kolaborasi dengan Indosat untuk melestarikan ekosistem mangrove di pesisir utara Pulau Jawa. Menurutnya, topik ini memang menjadi salah satu fokus penelitian di Universitas Diponegoro, khususnya di FPIK. “Kami memiliki sejumlah pakar terkait konservasi mangrove dan FPIK siap mendukung penerapan IoT Indosat, termasuk analisis data serta penentuan lokasi program di area tambak desa Morodemak seluas 1 hektare,” katanya. “Kami harap dengan kolaborasi ini, pelaksanaan program Digitalisasi Konservasi Mangrove dapat berjalan secara efektif dan optimal, sehingga memberikan dampak positif yang sebesar-besarnya, tidak hanya bagi pelestarian lingkungan, tapi juga bagi peningkatan perekonomian masyarakat pesisir utara Pulau Jawa,” katanya.

Digitalisasi Konservasi Mangrove merupakan kelanjutan dari program Tanam Oksigen yang telah diluncurkan perusahaan, yang didedikasikan untuk mencegah punahnya udara bersih akibat masifnya emisi karbon dioksida. Indosat telah memulai inisiasi secara internal yang melibatkan karyawan perusahaan untuk berperan aktif dalam penanaman mangrove secara digital.

FOTO: Ahmad Antoni
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More