Rebutan Makanan dan Air Bersih, Pengungsi Palestina Saling Sikut

Minggu, 25 Agustus 2024 - 00:13 WIB
Para pengungsi Palestina berkumpul di pusat distribusi makanan di Deir al Balah, Jalur Gaza tengah, Jumat, 23 Agustus 2024. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)
click to zoom
Para pengungsi Palestina berkumpul di pusat distribusi makanan di Deir al Balah, Jalur Gaza tengah, Jumat, 23 Agustus 2024. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)
click to zoom
Warga Palestina yang mengungsi mengantre untuk mengambil air, di Deir al Balah, Jalur Gaza tengah, Jumat, 23 Agustus 2024. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)
click to zoom
Warga Palestina yang mengungsi mengantre untuk mengambil air, di Deir al Balah, Jalur Gaza tengah, Jumat, 23 Agustus 2024. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)
click to zoom
Warga Palestina yang mengungsi mengantre untuk mengambil air, di Deir al Balah, Jalur Gaza tengah, Jumat, 23 Agustus 2024. (AP Photo/Abdel Kareem Hana)
click to zoom
DEIR AL-BALAH, Jalur Gaza (AP) - Gadis-gadis muda berteriak dan saling sikut di tengah himpitan tubuh di Gaza selatan, berusaha mati-matian untuk mencapai bagian depan antrean makanan. Para pria membagikan nasi dan ayam secepat yang mereka bisa, piring-piring penuh makanan itu jatuh ke tanah di tengah keributan.

Di dekatnya, anak laki-laki menunggu untuk mengisi wadah plastik dengan air, berdiri berjam-jam di antara tenda-tenda yang penuh sesak hingga hampir bersentuhan.

Kelaparan dan keputusasaan terlihat jelas pada hari Jumat di kamp tenda di sepanjang tepi pantai Deir al-Balah, setelah satu bulan perintah evakuasi berturut-turut yang telah menekan ribuan warga Palestina ke daerah yang disebut militer Israel sebagai “zona kemanusiaan”.

Zona ini telah lama dipadati oleh warga Palestina yang mencari perlindungan dari pengeboman, tetapi situasinya semakin mengerikan dari hari ke hari, seiring dengan datangnya gelombang pengungsi dan semakin langkanya makanan dan air. Selama sebulan terakhir, militer Israel telah mengeluarkan perintah evakuasi untuk wilayah selatan Gaza dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Setidaknya 84% wilayah Gaza kini berada di dalam zona evakuasi, menurut PBB, yang juga memperkirakan bahwa 90% dari 2,1 juta penduduk Gaza telah mengungsi selama perang.

Tiga belas perintah evakuasi telah dikeluarkan sejak 22 Juli, menurut hitungan Associated Press, secara signifikan mengurangi ukuran zona kemanusiaan yang dideklarasikan oleh Israel pada awal perang sekaligus mendorong lebih banyak orang Palestina masuk ke dalamnya daripada sebelumnya. Meningkatnya jumlah pengungsi dapat dilihat dari foto-foto satelit.

“Makanan yang sampai kepada kami dari bantuan kemanusiaan cukup untuk orang-orang di kamp kami,” kata Muhammad Al-Qayed, yang mengungsi dari Kota Gaza dan sekarang tinggal di sepanjang pantai. “Dari mana orang-orang yang baru saja mengungsi mendapatkan makanan? Dari mana kami menyediakannya?”

Seorang pengungsi Palestina lainnya, Adham Hijazi, mengatakan: “Saya sudah mulai berpikir bahwa jika tidak ada makanan, saya akan pergi dan minum air laut untuk bertahan hidup. Saya berbicara dengan serius. Saya akan minum air dan garam.”

Pihak militer mengatakan bahwa evakuasi diperlukan karena Hamas telah meluncurkan roket dari dalam zona kemanusiaan. Dalam sebuah posting di X, juru bicara militer berbahasa Arab, Avichay Adraee, telah menginstruksikan warga Palestina untuk segera mengungsi, dan mengatakan bahwa militer akan segera beroperasi “dengan kekuatan” terhadap militan Hamas di daerah tersebut.

Yasser Felfel, yang awalnya mengungsi dari Gaza utara, telah menyaksikan kampnya membengkak dengan gelombang pengungsi.

“Ada 32 orang di tenda saya. Sekarang ada hampir 50 orang, orang-orang yang tidak saya kenal,” katanya. “Seminggu yang lalu, masih banyak makanan yang tersisa. Kami sarapan, makan siang dan makan malam. Hari ini, karena banyaknya orang yang datang ke sini, hampir tidak cukup untuk makan siang.”

Pada bulan Agustus saja, perintah evakuasi telah dikeluarkan kira-kira setiap dua hari sekali dan membuat hampir 250.000 orang mengungsi, kata PBB.

“Banyak orang di sini telah mengungsi lebih dari 10 kali. Mereka kelelahan dan bangkrut,” kata Georgios Petropoulos, kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB di Gaza.

Sepasang foto satelit yang diambil selama sebulan terakhir menunjukkan dampak dari perintah tersebut. Foto-foto tersebut, yang diperoleh dari PlanetLabs dan ditinjau oleh AP, menunjukkan bahwa tenda-tenda di sepanjang pantai semakin padat sejak 19 Juli hingga 19 Agustus.

Pada 19 Agustus, tenda-tenda menutupi hampir semua lahan berpasir yang tersedia dan didirikan lebih dekat ke laut.

Bahkan warga Palestina yang tinggal di zona kemanusiaan yang diumumkan Israel pada awal perang pun dipaksa pindah. Pada 22 Juli, militer memerintahkan evakuasi sebagian besar wilayah timur zona tersebut, dengan alasan Hamas telah meluncurkan roket ke Israel. Kemudian pada 16 Agustus, militer kembali mempersempit zona tersebut, dan meminta warga Palestina yang tinggal di bagian tengah untuk mengungsi.

Dan pada hari Sabtu, militer Israel mengeluarkan evakuasi massal terbarunya, memerintahkan warga Palestina di empat daerah pemukiman di kamp pengungsi Maghazi di timur Deir al-Balah untuk meninggalkan rumah dan tempat penampungan mereka dan menuju ke zona kemanusiaan. Tidak jelas berapa banyak orang yang terkena dampaknya.

Evakuasi ini terjadi ketika para mediator internasional berjuang untuk menjembatani perbedaan antara Israel dan Hamas mengenai kesepakatan gencatan senjata yang akan menghentikan pertempuran di Gaza dan menukar sejumlah sandera Israel dengan para tahanan Palestina.

Perang dimulai pada 7 Oktober, ketika militan Hamas menerobos masuk ke perbatasan Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang lainnya. Serangan balasan Israel kini telah menewaskan lebih dari 40.000 orang di Gaza dan meratakan bangunan serta infrastruktur di wilayah tersebut.

Air telah menjadi korban lain dari evakuasi. PBB mengatakan bahwa pasokan air di Deir al-Balah telah berkurang setidaknya 70% sejak gelombang evakuasi dimulai, karena pompa dan pabrik desalinasi terjebak di dalam zona pengungsian.

Kurangnya air bersih menyebabkan penyakit kulit dan wabah lainnya. Badan kesehatan utama PBB telah mengkonfirmasi kasus polio pertama di Gaza pada seorang bayi berusia 10 bulan di Deir al-Balah yang sekarang lumpuh di kaki kiri bawah.

Sementara itu, kelompok-kelompok bantuan mengatakan bahwa semakin sulit untuk memberikan bantuan. Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan pada hari Kamis bahwa Program Pangan Dunia kehilangan akses ke gudangnya di pusat kota Deir al-Balah karena adanya perintah evakuasi baru-baru ini.

Sambil berdiri di antrean air pada hari Jumat, Abu Mohammad mengamati kelangkaan di sekelilingnya dan berdoa agar kelangkaan itu segera berakhir.

“Tidak ada air, tidak ada makanan, tidak ada uang, tidak ada pekerjaan, tidak ada apa-apa,” kata Mohammad, yang kini telah mengungsi sebanyak tujuh kali.

“Kami meminta kepada Tuhan, bukan kepada orang-orang, agar ini berakhir. Kami tidak lagi memiliki kapasitas. Oh dunia, kami tidak lagi memiliki kapasitas.”

Oleh Julia Frankel dan Wafaa Shurafa
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More