Ribuan Pager di Lebanon Meledak Serentak, 9 Tewas dan Ribuan Warga Terluka

Rabu, 18 September 2024 - 08:51 WIB
Petugas Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.(AP Photo)
click to zoom
Petugas Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.(AP Photo)
click to zoom
Petugas Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.(AP Photo)
click to zoom
Petugas Pertahanan Sipil membawa seorang pria yang terluka setelah pager genggamnya meledak, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Selasa, 17 September 2024.(AP Photo)
click to zoom
Seorang petugas polisi memeriksa sebuah mobil yang di dalamnya terdapat pager genggam yang meledak, di Beirut, Lebanon, Selasa, 17 September 2024. (AP Photo/Hussein Malla)
click to zoom
Seorang petugas polisi memeriksa sebuah mobil yang di dalamnya terdapat pager genggam yang meledak, di Beirut, Lebanon, Selasa, 17 September 2024. (AP Photo/Hussein Malla)
click to zoom
BEIRUT (AP) - Bom yang digunakan oleh ratusan anggota kelompok militan Hizbullah meledak hampir bersamaan di Lebanon dan Suriah pada hari Selasa, menewaskan sedikitnya sembilan orang - termasuk seorang anak perempuan berusia 8 tahun - dan melukai beberapa ribu orang, kata para pejabat. Hizbullah dan pemerintah Lebanon menyalahkan Israel atas serangan yang tampaknya merupakan serangan jarak jauh yang canggih itu.

Seorang pejabat AS mengatakan Israel memberikan penjelasan kepada AS mengenai operasi tersebut - di mana sejumlah kecil bahan peledak yang disembunyikan di dalam pager diledakkan - pada hari Selasa setelah operasi tersebut selesai. Orang tersebut berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk mendiskusikan informasi tersebut secara terbuka.

Militer Israel menolak berkomentar.

Di antara mereka yang terluka adalah duta besar Iran untuk Lebanon. Ledakan misterius tersebut terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Hizbullah yang didukung Iran, yang telah saling tembak di perbatasan Israel-Lebanon sejak serangan 7 Oktober oleh Hamas yang memicu perang di Gaza.

Pager yang meledak tersebut tampaknya diperoleh Hizbullah setelah pemimpin kelompok tersebut memerintahkan para anggotanya pada bulan Februari untuk berhenti menggunakan telepon genggam, dengan memperingatkan bahwa mereka dapat dilacak oleh intelijen Israel. Seorang pejabat Hizbullah mengatakan kepada The Associated Press bahwa pager tersebut merupakan merek baru, namun ia menolak untuk mengatakan berapa lama pager tersebut digunakan.

Sekitar pukul 15.30 waktu setempat pada hari Selasa, ketika orang-orang berbelanja bahan makanan, duduk di kafe atau mengendarai mobil dan motor di lalu lintas sore hari, pager yang ada di tangan atau saku mereka mulai memanas dan kemudian meledak - menyebabkan ceceran darah dan kepanikan para pengamat.

Tampaknya banyak dari mereka yang terkena dampak adalah anggota Hizbullah, tetapi tidak segera jelas apakah yang lain juga membawa pager.

Ledakan-ledakan itu terutama terjadi di daerah-daerah di mana kelompok tersebut memiliki kehadiran yang kuat, terutama di pinggiran selatan Beirut dan di wilayah Beqaa, Lebanon timur, serta di Damaskus, demikian menurut para pejabat keamanan Lebanon dan seorang pejabat Hizbullah. Pejabat Hizbullah tersebut berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk berbicara kepada pers.

Ledakan itu terjadi beberapa jam setelah badan keamanan internal Israel mengatakan bahwa mereka telah menggagalkan upaya Hizbullah untuk membunuh seorang mantan pejabat senior keamanan Israel dengan menggunakan alat peledak yang ditanam dan dapat diledakkan dari jarak jauh.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan bahwa Amerika Serikat “tidak mengetahui insiden ini sebelumnya” dan tidak terlibat. “Saat ini, kami sedang mengumpulkan informasi,” katanya.

Para ahli mengatakan bahwa ledakan pager tersebut menunjukkan adanya operasi yang telah lama direncanakan, yang mungkin dilakukan dengan menyusup ke dalam rantai suplai dan memasang bahan peledak pada alat tersebut sebelum dikirim ke Lebanon.

Apapun caranya, serangan ini menargetkan sejumlah besar orang dengan ratusan ledakan kecil - di mana pun pembawa pager itu berada - yang menyebabkan beberapa orang cacat.

Sebuah video online menunjukkan seorang pria sedang memilih-milih barang di sebuah toko kelontong ketika tas yang dibawanya di pinggulnya meledak, membuatnya tergeletak di tanah dan orang-orang berlarian.

Di rumah sakit yang kewalahan, para korban luka-luka dilarikan dengan tandu, beberapa di antaranya dengan tangan yang hilang, wajah yang sebagian hancur, atau lubang yang menganga di bagian pinggul dan kaki mereka, demikian menurut para fotografer AP. Di sebuah jalan utama di pusat kota Beirut, sebuah pintu mobil berlumuran darah dan kaca depannya retak.

Menteri Kesehatan Lebanon, Firas Abiad, mengatakan kepada jaringan televisi Qatar, Al Jazeera, sedikitnya sembilan orang tewas, termasuk seorang anak perempuan berusia 8 tahun, dan sekitar 2.750 orang terluka - 200 orang di antaranya kritis - akibat ledakan tersebut. Sebagian besar mengalami luka di bagian wajah, tangan, atau di sekitar perut.

Tampaknya delapan dari korban tewas adalah anggota Hizbullah. Kelompok ini mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi setidaknya dua anggotanya tewas dalam pemboman pager tersebut. Salah satu dari mereka adalah putra seorang anggota Hizbullah di parlemen, menurut pejabat Hizbullah yang berbicara tanpa menyebut nama. Kelompok ini kemudian mengeluarkan pengumuman bahwa enam anggota lainnya tewas pada hari Selasa, meskipun tidak dijelaskan bagaimana caranya.

“Kami menganggap musuh Israel bertanggung jawab penuh atas agresi kriminal yang juga menargetkan warga sipil ini,” kata Hizbullah, seraya menambahkan bahwa Israel ”pasti akan mendapatkan hukuman yang setimpal.”

Kantor berita pemerintah Iran, IRNA, mengatakan bahwa duta besar Iran, Mojtaba Amani, mengalami luka ringan akibat ledakan bom dan sedang dirawat di rumah sakit.

Sebelumnya, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah telah memperingatkan para anggota kelompok tersebut untuk tidak membawa telepon genggam, dengan mengatakan bahwa telepon genggam tersebut dapat digunakan Israel untuk melacak dan menarget mereka.

Sean Moorhouse, mantan perwira Angkatan Darat Inggris dan ahli pembuangan bahan peledak, mengatakan bahwa video dari ledakan tersebut menunjukkan bahwa bahan peledak kecil - sekecil penghapus pensil - telah dimasukkan ke dalam perangkat tersebut. Perangkat tersebut pasti telah dicurangi sebelum pengiriman, kemungkinan besar oleh Mossad, badan intelijen luar negeri Israel, katanya.

Elijah J. Magnier, seorang analis risiko politik senior yang berbasis di Brussels, mengatakan bahwa ia telah berbicara dengan para anggota Hizbullah yang telah memeriksa pager-pager yang gagal meledak. Apa yang memicu ledakan, katanya, tampaknya adalah pesan kesalahan yang dikirim ke semua perangkat yang menyebabkan mereka bergetar, memaksa pengguna untuk mengklik tombol untuk menghentikan getaran. Kombinasi tersebut meledakkan sejumlah kecil bahan peledak yang tersembunyi di dalamnya dan memastikan bahwa pengguna berada di sana ketika ledakan terjadi, ujarnya.

Israel memiliki sejarah panjang dalam melakukan operasi mematikan di luar perbatasannya. Tahun ini, serangan udara Israel secara terpisah di Beirut menewaskan Saleh Arouri, seorang pejabat senior Hamas, dan seorang komandan tinggi Hizbullah. Sebuah ledakan misterius di Iran, yang juga dituduhkan kepada Israel, menewaskan Ismail Haniyeh, pemimpin tertinggi Hamas.
(sra)
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More