Bikin Sedih, Begini Penampakan Sepinya Pasar di Sekitar Masjidil Haram

Selasa, 09 Februari 2021 - 08:26 WIB
Sebelum pandemi terdapat ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang menggelar lapak di sekitar Masjidil Haram. Namun saat ini tiada satu pun berdagang di sana sehingga pasar di sekitar Baitullah sepi. Situasi semakin sepi menyusul ditutupnya akses dari 20 negara termasuk dari Indonesia ke Arab Saudi.
click to zoom
Pantauan MNC Portal pada Senin (8/1/2021), trotoar di sekitar tempat suci umat Islam tersebut lengang dari PKL. Tempat itu kini dikosongkan guna mencegah kerumunan dan mengendalikan penularan Covid-19.
click to zoom
Suasana pertokoan yang tutup di sekitar kawasan Masjidil Haram, Arab Saudi.
click to zoom
Jika bertandang ke Makkah, Arab Saudi, pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, maka Anda akan melihat pemandangan berbeda di sekitar Masjidil Haram.

Ya, sebelum pandemi terdapat ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang menggelar lapak di sekitar Masjidil Haram. Namun saat ini tiada satu pun berdagang di sana sehingga pasar di sekitar Baitullah sepi. Situasi semakin sepi menyusul ditutupnya akses dari 20 negara termasuk dari Indonesia ke Arab Saudi.

Pantauan MNC Portal pada Senin (8/1/2021), trotoar di sekitar tempat suci umat Islam tersebut lengang dari PKL. Tempat itu kini dikosongkan guna mencegah kerumunan dan mengendalikan penularan Covid-19.

Selain itu kebayakan kios-kios di sekitar Masjidil Haram juga tutup, meski begitu terdapat beberapa yang buka.

Untuk diketahui biasanya jamaah umrah asal Indonesia sangat gemar belanja oleh-oleh di kios maupun di lapak PKL Masjidil Haram. Akan tetapi sekarang hal itu tak bisa dilakukan.

Sebagai solusinya, jamaah umrah belanja di pusat berbelanjaan modern. Namun untuk ke sana setiap orang hanya mengisi identitas di aplikasi milik pemerintah Saudi, yakni Tawakkalna.

Setelah mengisi aplikasi tersebut, maka muncul barcode di layar utama yang discan petugas. Jika discan, maka akan diketahui riwayat kesehatan pengunjung selama pandemi.

Kemudian jika sehat maka akan diperbolehkan belanja di mal tadi. Untuk diketahui petugas keamanan bertebaran di sekitar Masjidil Haram. Mereka kerap menindak warga atau pendatang yang tak tertib protokol kesehatan.

Lebih lanjut sebagai tambahan informasi sebagaimana dikutip dari Saudigazette, menurut sumber dari internal Pemerintahan Arab Saudi, penutupan sementara akses 20 negara efektif diberilakukan mulai Rabu 3 Februari 2021 pukul 21.00 waktu setempat.

Media Saudi itu melaporkan negara-negara yang masuk dalam daftar penutupan akses ke Arab Saudi yakni Indonesia, Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris Raya, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, Jepang, dan India.

FOTO Kontributor MPI/Abu Sahma Pane
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More