Hari Tanpa Bayangan di Kawasan Sudirman

  • Pejalan kaki saat melintas pedesterian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman saat fenomena hari tanpa bayangan, Jakarta Pusat.
  • Fenomena Hari Tanpa Bayangan terjadi di Jakarta pada tengah hari ini, Kamis 4 Maret 2021, tepat pukul 12.04 WIB. Saat itu bayangan benda-benda tegak akan hilang sesaat. Sebabnya, Matahari menyinari tepat diatas kepala pengamat atau titik zenit yang sedang berada di Jakarta.
  • Dalam dunia astronomi, fenomena itu dikenal sebagai Kulminasi Utama. Mengingat posisinya yang berada di sekitar ekuator, Kulminasi Utama di wilayah Indonesia bisa terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.
  • ntuk Jakarta, misalnya, Hari Tanpa Bayangan juga akan terjadi pada 9 Oktober mendatang. Saat itu Kulminasi Utama terjadi pada pukul 11.40 WIB.
  • Pejalan kaki saat melintas pedesterian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman saat fenomena hari tanpa bayangan, Jakarta Pusat. Kamis (4/3/2021).

Pejalan kaki saat melintas pedesterian di kawasan Jalan Jenderal Sudirman saat fenomena hari tanpa bayangan, Jakarta Pusat. Kamis (4/3/2021). Fenomena Hari Tanpa Bayangan terjadi di Jakarta pada tengah hari ini, Kamis 4 Maret 2021, tepat pukul 12.04 WIB. Saat itu bayangan benda-benda tegak akan hilang sesaat. Sebabnya, Matahari menyinari tepat diatas kepala pengamat atau titik zenit yang sedang berada di Jakarta.

Dalam dunia astronomi, fenomena itu dikenal sebagai Kulminasi Utama. Mengingat posisinya yang berada di sekitar ekuator, Kulminasi Utama di wilayah Indonesia bisa terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

Untuk Jakarta, misalnya, Hari Tanpa Bayangan juga akan terjadi pada 9 Oktober mendatang. Saat itu Kulminasi Utama terjadi pada pukul 11.40 WIB.

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top