Merawat Tradisi, Seniman Ludruk Pentaskan Kisah Warok

  • Sejumlah seniman Ludruk mementaskan kisah Warok, Geger Bumi Wengker di Plasa Proklamasi Universitas 17 Agustus Surabaya, Jawa Timur.
  • Pementasan yang digelar tanpa penonton dan akan ditampilkan secara daring tersebut sebagai upaya merawat tradisi ditengah terpaan Covid-19.
  • Bumi Wengker merupakan nama derah yang dahulunya ada di bawah kekuasaan Majapahit, yakni kerajaan Wengker yang berdiri diwilayah kabupaten Ponorogo.
  • Salah satu hasil perkembangan budaya dari Kerajaan Wengker adalah kesenian Reog Ponorogo yang selalu melekat dengan cerita warok.
  • Salah satu hasil perkembangan budaya dari Kerajaan Wengker adalah kesenian Reog Ponorogo yang selalu melekat dengan cerita warok.
  • Sejumlah seniman Ludruk mementaskan kisah Warok, Geger Bumi Wengker di Plasa Proklamasi Universitas 17 Agustus Surabaya, Jawa Timur, Jumat (05/3/2021).

Sejumlah seniman Ludruk mementaskan kisah Warok, Geger Bumi Wengker di Plasa Proklamasi Universitas 17 Agustus Surabaya, Jawa Timur, Jumat (05/3/2021). Pementasan yang digelar tanpa penonton dan akan ditampilkan secara daring tersebut sebagai upaya merawat tradisi ditengah terpaan Covid-19.

Bumi Wengker merupakan nama derah yang dahulunya ada di bawah kekuasaan Majapahit, yakni kerajaan Wengker yang berdiri diwilayah kabupaten Ponorogo.

Salah satu hasil perkembangan budaya dari Kerajaan Wengker adalah kesenian Reog Ponorogo yang selalu melekat dengan cerita warok. Sebuah gelar kehormatan bagi orang yang menguasai ilmu kanuragan. Namun dari sisi kehidupannya, Warok penuh intrik politik hingga menyimpan kisah cinta yang cukup romantis.

(sra)
Top