Pasar Kerbau Terbesar di Dunia ada di Toraja

  • Pasar kerbau Toraja seluas empat hektare tersebut mampu menampung lebih dari 1000 ekor kerbau saat hari pasar dan diklaim menjadi pasar kerbau terbesar di dunia.
  • Jenis kerbau yang diperjual belikan di pasar hewan ini jenis kerbau khas Toraja. Saleko, merupakan jenis kerbau yang memiliki nilai tinggi. Di samping postur yang besar, corak atau belang pada tubuh kerbau pun menjadi nilai jual tersendiri.
  • Setiap hari ada ratusan ekor kerbau yang terjual. Mulai dari kisaran harga Rp30 juta, bahkan menembus harga hingga Rp1 miliar.

Calon pembeli memilih kerbau yang dijual di Pasar Bolu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Selasa (6/4/2021). Pasar kerbau Toraja seluas empat hektare tersebut mampu menampung lebih dari 1000 ekor kerbau saat hari pasar dan diklaim menjadi pasar kerbau terbesar di dunia.

Transaksi jual beli hewan ternak jenis kerbau dan babi dari berbagai kawasan di Indonesia berpusat di tempat ini. Bukan sekadar pasar tradisional, sensasi berbeda akan dirasakan jika berada di tempat ini. Tak tanggung-tanggung, di pasar ini bisa dijumpai ribuan kerbau dan babi yang ditransaksikan setiap hari.

Jenis kerbau yang diperjual belikan di pasar hewan ini jenis kerbau khas Toraja. Saleko, merupakan jenis kerbau yang memiliki nilai tinggi. Di samping postur yang besar, corak atau belang pada tubuh kerbau pun menjadi nilai jual tersendiri.

Setiap hari ada ratusan ekor kerbau yang terjual. Mulai dari kisaran harga Rp30 juta, bahkan menembus harga hingga Rp1 miliar.

ANTARA FOTO/Spedy Paereng/wpa/wsj.

(sra)
Top