Pesawat Terbesar di Dunia Sukses Uji Terbang Kedua

  • Pesawat terbang terbersar di dunia Stratolaunch melakukan uji terbang kedua kalinya di Mojave, California, Amerika Serikat, pada Kamis (29/04/2021).
  • Pesawat yang memiliki dua badan dan enam mesin Boeing 747 ini memiliki lebar sayap terpanjang di dunia.
  • Pesawat tersebut mendarat mulus dengan 28 rodanya setelah melakukan penerbangan selama 3 jam. Pihak Stratolaunch menyebut uji terbang itu sukses.
  • Dinamakan Roc, pesawat berbadan ganda ini memiliki lebar sayap 117 meter.
  • Pesawat ini awalnya dikembangkan oleh salah satu pendiri Microsoft Paul G. Allen, yang meninggal hanya beberapa bulan sebelum pesawat itu terbang untuk pertama kalinya pada April 2019 lalu.

Pesawat terbang terbersar di dunia Stratolaunch melakukan uji terbang kedua kalinya di Mojave, California, Amerika Serikat, pada Kamis (29/04/2021). Pesawat yang memiliki dua badan dan enam mesin Boeing 747 ini memiliki lebar sayap terpanjang di dunia. Pesawat tersebut mendarat mulus dengan 28 rodanya setelah melakukan penerbangan selama 3 jam. Pihak Stratolaunch menyebut uji terbang tersebut sukses.

Dinamakan Roc, pesawat berbadan ganda ini memiliki lebar sayap 117 meter. Pesawat ini awalnya dikembangkan oleh salah satu pendiri Microsoft Paul G. Allen, yang meninggal hanya beberapa bulan sebelum pesawat itu terbang untuk pertama kalinya pada April 2019 lalu.

Allen bermaksud menggunakannya sebagai pesawat pengangkut untuk peluncuran luar angkasa, membawa roket bermuatan satelit di bawah bagian tengah sayap dan melepaskannya di ketinggian.

REUTERS / Gene Blevins

(bon)
Top