Sepekan Pertempuran, Diplomasi Global Gagal Wujudkan Gencatan Senjata di Gaza

  • Warga Palestina mencuci pakaian di sekolah yang dikelola Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan dijadikan tempat penampungan warga yang berlindung dari serangan militer Israel di Kota Gaza, Selasa (18/05/2021).
  • Seorang anak laki-laki Palestina, yang meninggalkan rumahnya karena serangan udara dan artileri Israel, bermain di sekolah yang dikelola Perserikatan Bangsa-Bangsa.
  • Sejumlah anak-anak dan wanita Palestina meninggalkan rumah-rumah mereka untuk menghindari serangan militer Israel.
  • Sejumlah anak-anak dan wanita Palestina meninggalkan rumah-rumah mereka untuk menghindari serangan militer Israel.
  • Lebih dari satu pekan pertempuran antara Israel dan Palestina menunjukkan upaya diplomasi global untuk menghentikan ketegangan tersebut belum menunjukkan hasil nyata.

Warga Palestina mencuci pakaian di sekolah yang dikelola Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan dijadikan tempat penampungan warga yang berlindung dari serangan militer Israel di Kota Gaza, Selasa (18/05/2021). Sejumlah anak-anak dan wanita Palestina meninggalkan rumah-rumah mereka untuk menghindari serangan militer Israel.

Lebih dari satu pekan pertempuran antara Israel dan Palestina menunjukkan upaya diplomasi global untuk menghentikan ketegangan tersebut belum menunjukkan hasil nyata. Di tengah desakan gencata senjata dan kecaman terhadap Israel, serangan masih terus berlangsung dan belum menunjukkan kapan akan berhenti.

Negara-negara Timur Tengah seperti Yordania, Arab Saudi dan Mesir terus menggiatkan diplomasi untuk menekan kelompok pejuang Hamas untuk mau menggelar gencata senjata dengan Israel. Langkah serupa juga dilakukan Amerika Serikat (AS) bersama dengan Rusia dan Uni Eropa (UE). Tetapi, langkah tersebut belum menunjukkan kesuksesan yang nyata.

REUTERS / Suhaib Salem

(bon)
Top