Tradisi Sedekah Bumi Desa Sugihmanik

  • Sejumlah warga meminum air tapai sebagai syarat membersihkan mata air Sendangsari yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat tradisi sedekah bumi di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah.
  • Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah.
  • Sejumlah warga memakan ingkung bebek sebagai syarat membersihkan mata air Sendangsari yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat tradisi sedekah bumi di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021).

Sejumlah warga memakan ingkung bebek sebagai syarat membersihkan mata air Sendangsari yang merupakan petilasan Sunan Kalijaga saat tradisi sedekah bumi di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (23/6/2021). Tradisi turun temurun ratusan tahun dengan membersihkan mata air, dilanjutkan berdoa, makan bersama serta menyaksikan tarian tayub itu dilakukan sebagai napak tilas Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama Islam di desa setempat sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang melimpah.

ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top