ISSF Gelar Webinar Bertemakan Masalah Lingkungan Hidup

  • Memasuki tahun kedua pandemi covid-19, sebuah forum yang fokus pada keberlanjutan sosial di Indonesia yaitu Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) kembali menggelar webinar atau pertemuan secara virtual ke-2 yang diikuti oleh sebanyak 368 peserta dari sekitar 154 perusahaan lebih yang bergerak diberbagai sektor usaha.
  • Memasuki tahun kedua pandemi covid-19, sebuah forum yang fokus pada keberlanjutan sosial di Indonesia yaitu Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) kembali menggelar webinar atau pertemuan secara virtual ke-2 yang diikuti oleh sebanyak 368 peserta dari sekitar 154 perusahaan lebih yang bergerak diberbagai sektor usaha.
  • Dengan mengambil tema Keberlanjutan Sosial Melalui Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2021 membuktikan ISSF hadir dan tetap fokus dalam memberikan wawasan terkait kinerja perusahaan pada pengelolaan lingkungan hidup jelas Ketua Umum ISSF dr. Sudarmanto pada pembukaan webinar yang digelar Kamis (15/7).

Memasuki tahun kedua pandemi covid-19, sebuah forum yang fokus pada keberlanjutan sosial di Indonesia yaitu Indonesian Social Sustainability Forum (ISSF) kembali menggelar webinar atau pertemuan secara virtual ke-2 yang diikuti oleh sebanyak 368 peserta dari sekitar 154 perusahaan lebih yang bergerak diberbagai sektor usaha.

Dengan mengambil tema "Keberlanjutan Sosial Melalui Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2021" membuktikan ISSF hadir dan tetap fokus dalam memberikan wawasan terkait kinerja perusahaan pada pengelolaan lingkungan hidup jelas Ketua Umum ISSF dr. Sudarmanto pada pembukaan webinar yang digelar Kamis (15/7).

Dengan dimoderatori oleh Jalal yang juga selaku Chief of Advisory Board ISSF, webinar workshop yang juga membahas peran dan tugas dari Corporate Social Responsibility (CSR) dalam sebuah perusahaan tersebut, mendapat penilaian positif dari beberapa orang peserta webinar.

Menurut I Gede Agus Supaundra selaku CSR superintendent dari PT Mitrabara Adiperdana Tbk dengan webinar yang digelar, kami dapat belajar baik dari para expert (ahli) yang hadir maupun dari perusahaan yang tentunya memiliki kinerja yang lebih baik dari perusahaan kami.

"Ini membuka wawasan baru karena PROPER tiap tahun kebijakannya berubah dan semakin menuju kearah positif sehingga perusahaan kami dapat belajar untuk mengejar ketertinggalan dari webinar yang digelar ini", jelas I Gede.

Pendapat senada juga diungkapkan oleh Egosonie Enggar Bastiar selalu CSR officer dari PT Mitrabra Adiperdana Tbk. Bagi Sonie webinar yang digelar oleh ISSF sangat menarik dengan narasumber dari pengambil keputusan, akademisi dan berbagai perusahaan besar yang berpengalaman dan tentunya bisa dijadikan kiblat bagi perusahaannya.

"Selain dapat bersilaturahmi antar teman dari perusahaan yang berbeda, kami belajar bagaimana memberdayakan masyarakat. Kami jadi tahu bahwa untuk memberdayakan masyarakat tentunya perlu melibatkan dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan", ungkap Sonie.

Hadir sebagai peserta maupun narasumber Okty Damayanti selaku Division Head CSR PT Adaro Energy Tbk yang menilai webinar ini sebagai ajang sharing ilmu pengetahuan baik dari narasumber lainnya maupun pertanyaan yang disampaikan oleh partisipan atau peserta.

"Menjadi triger point untuk berfikir lebih jauh. Selain itu webinar ini sebagai penambah ilmu, informasi dan pengalaman baru serta membangun networking diantara peserta maupun pembicara", ungkap Okty.

Seperti diketahui sebelumnya webinar ke-2 yang digelar oleh ISSF dimasa pandemi covid-19 diantaranya berisikan materi seperti Permen KLHK No. 1 tahun 2021 yang merupakan peraturan baru tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER).

Adapun materi lainnya yang diangkat dalam webinar juga meliputi teknis penilaian dalam aspek pemberdayaan masyarakat, stakeholder engagement, dan daya tanggap kebencanaan serta best practice dari perusahaan peraih PROPER emas tahun 2020.

Beberapa narasumber yang kompeten dalam webinar ini diantaranya adalah Ir. Sigit Reliantoro M.Sc selaku Ketua Sekretariat PROPER yang saat ini juga menjabat sebagai PLT Dirjen PPKL KLHK RI, Dr. Krisdyatmiko selaku Tim Teknis PROPER yang juga sekaligus Ketua Departemen PSDK UGM, Okty Damayanti selaku Kepala Divisi CSR PT Adaro Energy serta Yuli Gunawan selaku Senior Manager Corporate Communication PT Badak NGL.

(sra)
Top