Berkah Idul Adha, Pengepul Kulit Kebanjiran Stok

  • Pengepul menyortir kulit kambing yang dibawa warga di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.
  • Hari Raya Idul Adha membawa berkah tersendiri bagi para pengepul kulit, karena kulit tidak dapat dimanfaatkan secara langsung, Kebanyakan kulit didapat dari warga yang melalukan pemotongan hewan kurban.
  • Bahkan pengepul bisa mengumpulkan kulit hingga dua kali lipat dari jumlah biasanya.
  • Meski harga turun karena harus bersaing dengan pengepul lain, namun tingginya pasokan itu tetap mendongkrak omzet pengepul kulit.
  • Harga beli kulit dari pengepul bervariasi, untuk kulit sapi dihargai Rp5 ribu per kilogram, sedangkan untuk kulit kambing dan domba dihargai Rp3 ribu - Rp5 ribu perlembarnya tergantung kondisi kulit jika bolong atau sobek akan dihargai murah.
  • Setelah menampung kulit dari warga, pengepul langsung memilah serta memilih kulit yang berkualitas baik. Kemudian dibawa ke pengepul yang lebih besar untuk dijual ke pabrik di wilayah Garut yang akan dijadikan kerajinan berbahan dasar kulit.
  • Pengepul menyortir kulit kambing yang dibawa warga di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, (20/7/21).

Pengepul menyortir kulit kambing yang dibawa warga di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (20/7/21). Hari Raya Idul Adha membawa berkah tersendiri bagi para pengepul kulit, karena kulit tidak dapat dimanfaatkan secara langsung, Kebanyakan kulit didapat dari warga yang melalukan pemotongan hewan kurban.

Bahkan pengepul bisa mengumpulkan kulit hingga dua kali lipat dari jumlah biasanya. Meski harga turun karena harus bersaing dengan pengepul lain, namun tingginya pasokan itu tetap mendongkrak omzet pengepul kulit.

Harga beli kulit dari pengepul bervariasi, untuk kulit sapi dihargai Rp5 ribu per kilogram, sedangkan untuk kulit kambing dan domba dihargai Rp3 ribu - Rp5 ribu perlembarnya tergantung kondisi kulit jika bolong atau sobek akan dihargai murah.

Setelah menampung kulit dari warga, pengepul langsung memilah serta memilih kulit yang berkualitas baik. Kemudian dibawa ke pengepul yang lebih besar untuk dijual ke pabrik di wilayah Garut yang akan dijadikan kerajinan berbahan dasar kulit.

(MPI/ALDHI CHANDRA SETIAWAN)

(sra)
Top