PDGKI Jaya Ajak Jurnalis Tetap Sehat dan Produktif di Masa Pandemi

  • dr. Arti Indira, Mgizi, Sp.GK FINEM (kiri) memberikan penjelasan saat menjadi pembicara di event Health Talk yang digelar oleh Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia Jaya (PDGKI Jaya), Jakarta,
  • Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia Jaya (PDGKI Jaya) yang didukung oleh Fresenius Kabi menyelenggarakan sebuah event Health Talk untuk para Jurnalis bertajuk Tetap Sehat dan Produktif Selama Masa Pandemi, Nutrisinya Apa?, sebagai upaya memperluas pemahaman mengenai pentingnya nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh selama masa pandemic, terutama bagi para Jurnalis yang memiliki mobilitas tinggi di lapangan.
  • dr. Arti Indira, Mgizi, Sp.GK FINEM (kiri) dan dr.Win Johanes,MS, Sp.GK (bawah) menjadi pembicara di event Health Talk yang digelar oleh Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia Jaya (PDGKI Jaya), Jakarta, Kamis (2/9.2021).

dr. Arti Indira, Mgizi, Sp.GK FINEM (kiri) dan dr.Win Johanes,MS, Sp.GK (bawah) menjadi pembicara di event Health Talk yang digelar oleh Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia Jaya (PDGKI Jaya), Jakarta, Kamis (2/9.2021). Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia Jaya (PDGKI Jaya) yang didukung oleh Fresenius Kabi menyelenggarakan sebuah event Health Talk untuk para Jurnalis bertajuk "Tetap Sehat dan Produktif Selama Masa Pandemi, Nutrisinya Apa?, sebagai upaya memperluas pemahaman mengenai pentingnya nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh selama masa pandemic, terutama bagi para Jurnalis yang memiliki mobilitas tinggi di lapangan.

Salah satu cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah tertular Covid-19, seperti disampaikan oleh dr. Arti Indira, Mgizi, Sp.GK FINEM adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah Covid-19 (WHO Nutrition Advice) yang menganjurkan asupan nutrisi serta hidrasi yang cukup, diet seimbang, mengonsumsi makanan yang segar (bukan makanan olahan), mengurangi gula, lemak dan garam, serta minum cukup banyak air. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, telur, ikan, dan susu sangat direkomendasikan.

Rekomendasi nutrisi optimal dari para ahli mencakup berbagai makro dan mikronutrien, termasuk juga beragam vitamin dan mineral. Untuk masa pemulihan tubuh ataupun benteng pertahanan tubuh selama beraktifitas di masa pandemi, asupan dari 3 komponen nutrisi berikut juga perlu diperhatikan akan mendukung tubuh kita, yaitu: EPA/asam lemak omega 3 yang bersifat immunostimulant untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, Protein untuk mengganti jaringan jaringan tubuh yang rusak, dan menguatkan otot-otot hingga memberikan kekuatan tubuh, serta Vitamin D

Konsumsi ONS (Oral Nutritional Supplement) juga dapat menjadi alternatif pemenuhan nutrisi yang optimal apabila kita memiliki mobilitas cukup sering di luar rumah. Terutama ONS yang kaya akan kandungan nutrisi protein, EPA, Vit. D serta vitamin dan mineral lainnya, juga yang mudah dikonsumsi atau bentuknya ready-to-drink, sehingga kebutuhan akan nutrisi optimal dapat dipenuhi dengan cara yang lebih praktis.

Selain anjuran nutrisi di atas, tentu ada langkah lain yang dapat dilakukan seperti berolahraga, memastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup, menghindari stress, dan tentunya tetap menjalankan PROKES pencegahan penularan COVID 19, termasuk dengan cara memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dan juga vaksinasi.

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top