Peran Nyata Perusahaan Dalam Menjaga Keberlangsungan Sosial Masyarakat

  • PT Kaltim Nitrate Indonesia meraih 3 Penghargaan dalam 2 Kategori di ajang Nusantara CSR Awards 2021.
  • PT Kaltim Nitrate Indonesia meraih 3 Penghargaan dalam 2 Kategori di ajang Nusantara CSR Awards 2021.

Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) yang melanda dunia termasuk Indonesia memberikan dampak luar biasa bagi keberlangsungan kehidupan dalam masyarakat.

Mulai dari meningkatnya jumlah pasien, keterbatasan tenaga kesehatan, fasilitas penunjang, hingga jatuhnya korban manusia mulai dari kelompok usia lanjut, usia produktif, tenaga kesehatan, remaja hingga anak-anak. Disamping itu, bayang-bayang krisis pun menghantui kehidupan masyarakat seperti sulitnya akses dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi.

Hal inilah yang mendorong PT Kaltim Nitrate Indonesia di Kota Bontang, Kalimantan Timur berkolaborasi dengan Pemerintah Kota beserta seluruh pemangku kebijakan dalam upaya penanganan COVID-19 secara masif dengan mengemas kegiatan penanganan dan mitigasi pandemi melalui program yang memberi manfaat langsung kepada masyarakat.

Program tersebut mengantarkan PT Kaltim Nitrate Indonesia meraih 3 Penghargaan dalam 2 Kategori di ajang Nusantara CSR Awards 2021. Mengusung tema "Merdeka Dari COVID-19 Dengan Kolaborasi", Ajang Penghargaan Tingkat Nasional ini diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR dalam mengapresiasi Dunia Usaha atau Perusahaan yang konsisten dalam pelaksanaan program CSR yang berkelanjutan.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Chairman The La Tofi School of CSR Bapak La Tofi kepada Presiden Direktur PT Kaltim Nitrate Indonesia Bapak Twedy M Nasution di Hotel Indonesia KempinskiJakarta (15/09/2021).

Dalam pernyataanya, Presiden Direktur PT Kaltim Nitrate Indonesia - Twedy M Nasution menyampaikan “Terima kasih kepada The La Tofi School of CSR yang telah menyelenggarakan acara ini. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang luar biasa bagi kami PT Kaltim Nitrate Indonesia. Dengan pencapaian ini, kami akan semakin berkomitmen dalam meningkatkan program CSR di Kota Bontang, tentunya dengan semangat kolaborasi untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar”.

Adapun 3 penghargaan dalam 2 kategori yang diterima oleh PT Kaltim Nitrate Indonesia yaitu Pertama, kategori peningkatan mutu kesehatan melalui Program Hunting De SUN (Pencegahan Stunting Dengan Scaling Up Nutrition).

Sasaran dari program ini terdiri dari dua kelompok, pertama bayi dibawah dua tahun (Baduta) yang mengalami kekurangan berat badan atau Baduta Underwight. Kemudian sasaran kedua adalah Ibu Hamil KEK-Anemia (Kekurangan Energi dan Kalori).

Intervensi yang dilakukan adalah; a) Pemberian Makanan Tambahan (PMT) melalui suplementasi nutrisi. b) Kelas KIMBAB PLUS (Kelas Integrasi Pemberian Makanan Bayi dan Anak Plus). c) Kelas Ibu Hamil untuk Ibu Hamil KEK-Anemia. d) Intervensi Pemberian Suplementasi Nutrisi bagi Baduta Underweight dan Ibu Hamil KEK-Anemia. e) Pemeriksaan Kesehatan untuk Baduta Underweight dan Ibu Hamil KEK-Anemia.

Sederhananya, program ini merupakan salah satu investasi sosial dalam membangun generasi yang sehat sebagai bentuk intervensi dalam upaya pencegahan Stunting di Kota Bontang.

Kedua, Kategori Bantuan Kesehatan dan Ekonomi untuk Penanganan Darurat Covid-19 melalui Program SANAK SAUDARA (Sapa Anak Sewaktu Covid Agar Gembira). Merupakan inovasi Program yang secara khusus menyasar anak-anak di Kota Bontang yang terdampak COVID-19.

Program Sanak Saudara ini merupakan bentuk dukungan lintas sektoral yang terkoordinasi untuk tujuan melindungi anak dan remaja Indonesia, khususnya di Kota Bontang selama masa pandemi COVID-19. Harapannya, program ini memberikan dampak positif untuk anak dan remaja (0-18) tahun dalam melewati masa penyembuhan dengan lebih bahagia dan menjalani aktivitas produktif yang berkualitas.

Ketiga, masih dalam kategori yang sama yaitu melalui Program Orica Community Support for COVID-19. Program ini secara umum menyasar masyarakat di Kota Bontang yang terdampak COVID-19 di Kota Bontang.

Program ini merupakan Kolaborasi multi-stakeholder antara Orica bersama dengan Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Kesehatan (Gugus COVID Kota), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Seksi Perlindungan Anak, Dinas Sosial Kota Bontang, Rumah Sakit, Puskesmas dan Masyarakat.

Harapannya, kegiatan ini dapat berkelanjutan sebagai bentuk nyata dukungan perusahaan kepada masyarakat dan mempercepat pemulihan kondisi masyarakat yang mengalami dampak langsung.

Penghargaan ini merupakan wujud kepedulian PT Kaltim Nitrate Indonesia terhadap keberlangsungan sosial masyarakat, khususnya di wilayah perusahaan beroperasi. Apresiasi ini juga mendorong perusahaan untuk semakin aktif dan inovatif dalam menjalankan program pengembangan masyarakat.

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top