Pesawat Smart Air dari Timika Tujuan Puncak Kecelakaan, Pilot Meninggal Dunia

  • Pesawat jenis caravan milik Smart Air dengan register PK-SNN mengalami kecelakaan di Bandara Aminggaru, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (25/10/2021).
  • Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 07.20 WIT, pesawat naas itu mengalami gagal landing akibat cuaca buruk atau kabut tebal di ujung runway.

TIMIKA - Pesawat jenis caravan milik Smart Air dengan register PK-SNN mengalami kecelakaan di Bandara Aminggaru, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Papua, Senin (25/10/2021).

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 07.20 WIT, pesawat naas itu mengalami gagal landing akibat cuaca buruk atau kabut tebal di ujung runway.

"Pesawat Smart Air PK-SNN dari Bandara Timika akan landing di Bandara Aminggaru Ilaga, namun karena adanya kabut di ujung runway sehingga pesawat landing dengan approach yang terlalu rendah," demikian keterangan dari Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Usai insiden kecelakaan itu, sekitar pukul 07. 30 WIT korban Pilot dan Co-pilot di evakuasi ke Puskesmas Ilaga menggunakan mobil ambulans.

Tiba di Puskesmas Ilaga sekitar pukul 07.40 WIT, korban langsung ditangani tim medis dengan upaya memompa jantung dan pernapasan. Namun, pilot atasnama Kuntardi tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 08.10 WIT.

"Sementara itu, Co-pilot atasnama Egi masih dalam keadaan sadar dan sementara dirawat di Puskesmas ilaga dan selanjutnya akan dievakuasi ke Timika," kata Kamal.

Terkait penyebab pesawat tersebut gagal landing hingga mengakibatkan kecelakaan, kata Kamal, selanjutnya masih akan dilakukan penyelidikan oleh pihak berwenang.

"Kedua korban masih di Puskesmas Ilaga dan masih menunggu untuk selanjutnya dievakuasi ke Timika," katanya.

Kontributor MPI/Saldi Hermanto

(sra)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top