Libur Nasional Setelah Pandemi, Warga Padati Stasiun di China

  • Ribuan warga mengantre saat akan memasuki Stasiun Kereta Api di Beijing, China, Kamis (01/10/2020).
  • Hari libur nasional di China merupakan yang pertama setelah mereka berhasil bebas dari pandemi Covid-19.
  • Ratusan juta orang China diperkirakan akan memenuhi jalan tol, kereta dan pesawat saat libur hari nasional.
  • Kehidupan yang telah berlangsung normal dalam beberapa bulan terakhir menjadi alasan musim libur akan dipadati warga di sejumlah tempat wisata di China.
  • Biro wisata online Ctrip terbesar di China, memperkriakan 600 juta orang akan berlibur ke sejumlah tempat wisata.

Ribuan warga mengantre saat akan memasuki Stasiun Kereta Api di  Beijing, China, Kamis (01/10/2020). Ratusan juta orang China diperkirakan akan memenuhi jalan tol, kereta dan pesawat saat libur hari nasional. Libur selama delapan hari merupakan hari libur pertama sejak China dinyatakan sukses menangani pandemi Covid-19.
Kehidupan yang telah berlangsung normal dalam beberapa bulan terakhir menjadi alasan musim libur akan dipadati warga di sejumlah tempat wisata di China.
Tahun lalu, 782 wisatawan domestik berlibur selama musim liburan. Itu mampu menghasilkan 650 miliar yuan. Kementerian Pariwisata dan Budaya China tahun ini memprediksi 550 juta wisatawan domestik akan berlibur tahun ini. Namun, Ctrip, biro wisata online terbesar di China, memperkriakan 600 juta orang akan berlibur.
Untuk saat ini, virus korona justru tidak lagi menjadi perhatian bagi wisatawan China. Kenapa? Penularan lokal virus korona hampir nol dan China menjadi negara yang paling ketat memberlakukan kontrol perbatasan. Dalam penegakan protokol kesehatan, China pun menjadi negara yang terdepan dalam membangun kesadaran warganya.

REUTERS / Carlos Garcia Rawlins

(bon)
Top