IATA Ciptakan Aplikasi Pemantau Kesehatan Penumpang Pesawat Udara

  • Awak pesawat mengenakan baju hasmat menuju pesawat di terminal internasional Tom Bradley, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (23/11/2020).
  • Hannah Osnan, 18, menjalani tes virus corona cepat 24 jam oleh perawat Caren Williams di terminal internasional Tom Bradley sebelum menuju Mesir untuk melihat keluarga di Los Angeles, California, AS.
  • Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) telah mengembangkan aplikasi smartphone Travel Pass untuk memantau status kesehatan para penumpang, termasuk status vaksinasi. Travel Pass akan dipakai di berbagai negara.
  • Pengembangan Travel Pass diharapkan dapat memudahkan semua pihak di tengah upaya pemulihan operasi penerbangan.

Awak pesawat mengenakan baju hasmat menuju pesawat di terminal internasional Tom Bradley, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Senin (23/11/2020). Seiring dengan kehidupan new normal, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) telah mengembangkan aplikasi smartphone Travel Pass untuk memantau status kesehatan para penumpang, termasuk status vaksinasi. Travel Pass akan dipakai di berbagai negara.

Pengembangan Travel Pass diharapkan dapat memudahkan semua pihak di tengah upaya pemulihan operasi penerbangan. Proses penyaringan dan pemeriksaan di bandara juga dapat berlangsung lebih cepat. Saat ini, sebagian vaksin virus korona Covid-19 juga sudah memasuki tahap akhir uji coba. Melalui Travel Pass, seluruh pihak terkait dapat lebih mudah dan cepat dalam menentukan status pelanggan dibandingkan dengan wawancara riwayat.

IATA menyatakan Travel Pass tidak hanya akan menampilkan hasil uji coba Covid-19 yang disertai bukti resmi laboratorium, tapi juga aturan masuk suatu negara dan lokasi laboratorium terdekat di wilayah sekitar. Aplikasi itu juga akan membantu petugas untuk mengidentifikasi paspor elektronik pelanggan.

IATA akan memulai uji coba penerapan Travel Pass di Inggris bekerja sama dengan British Airways. Aplikasi itu rencananya akan tersedia di Apple Store pada awal 2021 dan di Play Store pada April 2021. Dengan adanya aplikasi itu, para pelanggan dapat menunjukkan status kesehatannya kepada petugas.

REUTERS / Lucy Nicholson

(bon)
Top