Disematkan Empat Bintang Tanda Kehormatan dari TNI, Ketua Umum Jaringan Aktivis Nusantara Ungkap Prestasi Kapolri

Selasa, 01 Maret 2022 - 19:09 WIB
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (keempat kiri) yang mewakili Panglima TNI, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (keempat kanan) dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (ketiga kiri) berjalan menuju lokasi Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2022 di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa (1/3/2022).
click to zoom
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (bawah kiri) yang mewakili Panglima TNI, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (bawah kanan) dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (ketiga kiri) berjalan menuju lokasi Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2022 di Mabes TNI, Jakarta Timur, Selasa (1/3/2022).
click to zoom
JAKARTA-- Institusi TNI menyematkan empat bintang tanda kehormatan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Keempat tanda kehormatan itu adalah Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, dan Bintang Yudha Dharma Pratama. Pemberian tanda kehormatan itu adalah sebagai penghargaan atas kinerja dan keberhasilan Listyo Sigit yang dinilai berhasil menahkodai institusi Korps Bhayangkara. Bintang tanda kehormatan tersebut disematkan oleh KSAL Laksamana Yudo Margono mewakili Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Ketua Umum Jaringan Aktivis Nusantara Romadhon Jasn menyambut dengan gegap-gempit atas pemberian bintang tanda kehormatan tersebut. Pasalnya, sangat layak ketika mantan Kabareskrim itu memperoleh penghargaan tinggi dari sebuah institusi TNI karena kepemimpinan Sigit terbukti berhasil, hal tersebut setidaknya terlihat dari kebijakan dan upaya reformasi di tubuh Polri sehingga marwah dan citra institusi Polri di mata masyarakat tak lagi dipandang sebagai institusi yang acap paradoks dan buruk rupa.

"Kami dari Jaringan Aktivis Nusantara mengucapkan selamat kepada bang Jenderal Listyo Sigit, dalam catatan kami beliau telah berhasil melakukan reformasi penegakan hukum khususnya di internal Polri sehingga beliau sangat layak menerima penghargaan itu," kata Romadhon, Selasa(1/3), kepada media di Jakarta.

Karena itu lanjut Romadhon, dengan memperoleh penghargaan empat tanda kehormatan dari institusi TNI itu, menunjukan bahwa kepemimpinan dan kinerja Kapolri tak dapat diragukan lagi terutama dalam konteks mengawal kebijakan pemerintah dan menjaga kondusifitas keamanan negara.

"Kapolri juga berhasil mengawal kebijakan presiden Jokowi, negara juga kondusif dan aman sehingga sangat layak diganjar penghargaan tanda kehormatan dari TNI," ujarnya.

Selain itu kata Romadhon, Jenderal Listyo Sigit dinilai berhasil membangun komunikasi dengan pelbagai pihak khususnya dengan kelompok aktivis dan organisasi kepemudaan sehingga terjalin sinergi yang memberikan dampak positif bagi negara.

"Yang saya lihat komunikasi bang Sigit sangat baik khususnya dengan kelompok aktivis anak-anak muda, beliau dekat betul dengan kita, beliau selalu ngajak diskusi dan dialog, begitu juga dengan elemen yang lain sangat dekat komunikasi beliau sehingga kita terus sinergi dan jalin silatrurrahmi," tutur Romadhon.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerima empat tanda kehormatan dari TNI. Bersama dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman beserta beberapa petinggi Korps Bhayangkara yaitu, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel, dan Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto.

Dalam sambutannya Sigit menyampaikan terima kasih atas penghargaan tersebut dan berkomitmen akan semakin memperkuat dan mempererat sinergi dan soliditasTNI - Polri.

"Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya atas pemberian dan penganugerahan bagi kami. Tentunya, penyematan dan penganugerahan yang baru saja dilakukan, ini tidak hanya kepada Kapolri, tetapi ini juga kepada seluruh anggota Polri. Tentunya dengan penyematan dan pemberian tanda kehormatan kami berkomitmen untuk semakin memperkuat dan mempererat sinergitas dan soliditas TNI-Polri," kata Sigit dalam sambutannya.

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More