Potret Desa Wisata Karangrejo Magelang Berbasis Kemandirian Pangan dan Energi Pedesaan

Minggu, 26 Juni 2022 - 12:07 WIB
Sejumlah petani beraktivitas di lahan pertanian yang berada di kawasan Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/6/2022).
click to zoom
Desa Karangrejo merupakan salah satu desa wisata terletak tak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar tiga kilometer.
click to zoom
Pengunjung juga bisa mencoba melihat langsung kegiatan usaha rumahan yang dilakukan masyarakat untuk memproduksi produk khas Desa Karangrejo.
click to zoom
Seperti produk gula Jawa yang bisa dinikmati di Gubuk Kopi di Desa Sendaren 1, Karangrejo, Kecamatan Borobudur.
click to zoom
Kini Desa Karangrejo telah mandiri dengan memiliki beragam aktivitas wisata yang semuanya dikelola bersama antara masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).
click to zoom
Seperti produk gula Jawa yang bisa dinikmati di Gubuk Kopi di Desa Sendaren 1, Karangrejo, Kecamatan Borobudur.
click to zoom
Pengunjung mengendarai Volkswagen.
click to zoom
Ide awal munculnya Gubuk Kopi ini untuk menempatkan pembuatan gula Jawa sebagai salah satu kegiatan karena wilayahnya Dusun Sendaren 1 Desa Karangrejo masih banyak dijumpai penetes lira dan pembuat gula Jawa.
click to zoom
Sejumlah petani beraktivitas di lahan pertanian yang berada di kawasan Balai Perekonomian Desa (Balkondes) Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/6/2022). Desa Karangrejo merupakan salah satu desa wisata terletak tak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar tiga kilometer.

Karangrejo juga menjadi salah satu desa yang berhasil mendapatkan sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) awal Maret 2021. Kini Desa Karangrejo telah mandiri dengan memiliki beragam aktivitas wisata yang semuanya dikelola bersama antara masyarakat, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Tak hanya obyek wisata, desa ini juga menawarkan paket-paket wisata berkeliling desa, termasuk ke tempat-tempat wisata tersebut. Ada beberapa paket wisata yang akan mengajak pengunjung untuk merasakan kehidupan di desa, seperti bercocok tanam di sawah hingga keliling desa wisata mengendarai Volkswagen (VW), andong, atau sepeda onthel.

Pengunjung juga bisa mencoba melihat langsung kegiatan usaha rumahan yang dilakukan masyarakat untuk memproduksi produk khas Desa Karangrejo. Seperti produk gula Jawa yang bisa dinikmati di Gubuk Kopi di Desa Sendaren 1, Karangrejo, Kecamatan Borobudur. Di gubuk ini menyajikan kopi lokal kepada pengunjung.

Ide awal munculnya Gubuk Kopi ini untuk menempatkan pembuatan gula Jawa sebagai salah satu kegiatan karena wilayahnya Dusun Sendaren 1 Desa Karangrejo masih banyak dijumpai penetes lira dan pembuat gula Jawa. Biasanya wisatawan yang datang akan diajak untuk melihat bahkan terlibat dalam pembuatan gula Jawa secara langsung. Selain itu wisatawan juga mendapatkan penjelasan tentang proses pembuatan gula Jawa dari awal hingga selesai.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More