KKN Tematik, Mahasiswa Undip Gelar Penghijauan Vegetasi Pantai di Pantai Roban Barat Batang

Sabtu, 24 September 2022 - 19:15 WIB
Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas Universitas Diponegoro (Undip) mengikuti kegiatan penghijauan vegetasi pantai di Pantai Roban Barat, Kedungsegog, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (24/9/2022).
click to zoom
Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas Universitas Diponegoro (Undip) mengikuti kegiatan penghijauan vegetasi pantai di Pantai Roban Barat, Kedungsegog, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (24/9/2022).
click to zoom
Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa melakukan penanaman 200 bibit pohon cemara laut di pinggir pantai.
click to zoom
Penghijauan vegetasi pantai ini merupakan salah satu kegiatan KKN Tematik Blue Economy, Matching Fund (MF) Kedaireka Undip-PT BPI yang bertujuan untuk mengedukasi dan menyadar tahukan masyarakat akan pentingnya hutan pantai sebagai fungsi mitigasi bencana, perlindungan pantai dan pemanfaatan wisata bahari.
click to zoom
Sehingga diharapkan dapat mengubah cara berpikir masyarakat pesisir dari ekonomi ekstraktif menjadi ekonomi kreatif dan bernilai tambah.
click to zoom
Ketua Tim MF Kedaireka Undip Blue Economy di Batang,Dr. Ir. Munasik, M.Sc mengatakan Kegiatan KKN merupakan prasyarat program MF Kedaireka, yaitu mahasiswa bekerja di luar kampus untuk belajar menyelesaikan masalah di masyarakat.
click to zoom
Puluhan mahasiswa dari berbagai fakultas Universitas Diponegoro (Undip) mengikuti kegiatan penghijauan vegetasi pantai di Pantai Roban Barat, Kedungsegog, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (24/9/2022). Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa melakukan penanaman 200 bibit pohon cemara laut di pinggir pantai.

Penghijauan vegetasi pantai ini merupakan salah satu kegiatan KKN Tematik Blue Economy, Matching Fund (MF) Kedaireka Undip-PT BPI yang bertujuan untuk mengedukasi dan menyadar tahukan masyarakat akan pentingnya hutan pantai sebagai fungsi mitigasi bencana, perlindungan pantai dan pemanfaatan wisata bahari. Sehingga diharapkan dapat mengubah cara berpikir masyarakat pesisir dari ekonomi ekstraktif menjadi ekonomi kreatif dan bernilai tambah.

Ketua Tim MF Kedaireka Undip Blue Economy di Batang,Dr. Ir. Munasik, M.Sc mengatakan Kegiatan KKN merupakan prasyarat program MF Kedaireka, yaitu mahasiswa bekerja di luar kampus untuk belajar menyelesaikan masalah di masyarakat. “Selain KKN, belajar di luar kampus, program kami adalah magang mahasiswa yang diikuti 30 mahasiswa,” katanya.

Sementara, keterlibatan siswa (SD) dalam penghijauan vegetasi pantai guna mendorong berdirinya Sekolah Pantai (Santai) yang sudah digagas kelompok masyarakat. “Undip akan memfasilitasi kurikulum sekolah tersebut, baik untuk pembelajaran biodiversitas pantai, mitigasi bencana, konservasi dan wisata bahari,” ujarnya.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More