Kepala UPAS Beberkan Manfaat Menggunakan Transportasi Publik Semenjak Dini

Selasa, 22 Agustus 2023 - 18:02 WIB
Kepala UPAS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Faris Budiman mengatakan, adanya bus sekolah yang terdapat secara menyeluruh di ibu kota akan membuat generasi penerus bangsa terbiasa menggunakan angkutan umum atau angkutan publik.
click to zoom
Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta senantiasa meningkatkan pelayanan publik kepada para pelajar dari tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
click to zoom
Ada delapan manfaat yang didapatkan oleh geberasi penerus bangsa diantaranya pertama, mengurangi ketergantungan dari kendaraan pribadi. Maksudnya, mengenalkan generasi penerus bangsa semenjak usia sini pada kendaraan umum. Supaya mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi ketika mereka dewasa. Hal ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan emisi polutan.
click to zoom
Jakarta, SIARAN PERS - Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta senantiasa meningkatkan pelayanan publik kepada para pelajar dari tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala UPAS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Faris Budiman mengatakan, adanya bus sekolah yang terdapat secara menyeluruh di ibu kota akan membuat generasi penerus bangsa terbiasa menggunakan angkutan umum atau angkutan publik. Sehingga, dapat memberikan manfaat positif terhadap lingkungan di masa mendatang.

Ada delapan manfaat yang didapatkan oleh geberasi penerus bangsa diantaranya pertama, mengurangi ketergantungan dari kendaraan pribadi. Maksudnya, mengenalkan generasi penerus bangsa semenjak usia sini pada kendaraan umum. Supaya mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi ketika mereka dewasa. Hal ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan emisi polutan.

“Kedua, Pendidikan Lingkungan pada generasi yang diajarkan untuk menggunakan transportasi umum akan lebih memahami pentingnya mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan dari penggunaan kendaraan pribadi,” kata Kepala UPAS Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Faris Budiman di Jakarta pada Selasa (22/8/2023).

Ketiga, mengajarkan kemandirian, sebab menggunakan transportasi umum memerlukan keterampilan tertentu, seperti membaca jadwal, mengetahui rute, dan interaksi sosial dengan penumpang lain. Keterampilan ini dapat meningkatkan kemandirian dan kepercayaan diri.

Keempat, mengajarkan hemat biaya, karena Menggunakan transportasi umum biasanya lebih ekonomis dibandingkan dengan memiliki dan mengoperasikan kendaraan pribadi. Dengan mempertimbangkan biaya bahan bakar, perawatan, dan parkir.

“Kelima, naik transportasi umum seringkali lebih aman daripada mengemudi sendiri, terutama untuk remaja yang baru belajar mengemudi,” kata Faris.

Keenam, pengembangan sosial, karena dengan berinteraksi dengan berbagai jenis orang di transportasi umum, anak-anak dapat belajar mengenai keragaman dan meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Ketujuh, mengurangi kemacetan yang semakin banyak orang yang menggunakan transportasi umum, semakin sedikit kendaraan pribadi di jalan, yang dapat mengurangi kemacetan lalu lintas.

Dan terakhir, mendorong kesadaran komunal dalam Menggunakan transportasi umum. Karena dapat mengajarkan generasi penerus bangsa tentang pentingnya berkontribusi pada masyarakat dan berpartisipasi dalam solusi komunal.

“Ada delapan manfaat yang bisa dimaknai dalam menggunakan transportasi umum atau publik,” kata Faris.

Dalam mendukung hal itu, pelayanan publik transportasi umum atau publik yang diberikan secara optimal dari mulai rute bus sekolah yang terintegrasi pada tiga wilayah administratif DKI Jakarta yakni Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

Pelayanan yang diberikan meliputi rute 2 dengan tujuan Plumpang-Sunter-Kemayoran. Rute 16 dengan tujuan Rusun Muara Baru Pluit - Grogol. Rute 17 Rusun dengan tujuan Rusun Muara Baru Pluit-Bandengan Muara Angke (Kali Adem). Rute 19 dengan tujuan bendungan Hilir - Kemanggisan. Rute 21 dengan tujuan Lodan- Kota Tua- Pinangsia. Rute 28 dengan tujuan Gajah Mada-Jembatan Lima- Pinangsia. Dan Zonasi 11 dengan tujuan Rusun Kapuk Muara Indah-Jembatan Lima-Cideng.

Kemudian, rute bus sekolah yang terintegrasi pada dua wilayah administratif DKI Jakarta yakni Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Pelayanan yang diberikan meliputi rute 18 dengan tujuan Meruya-Ciledug-Meruya. Rute 23 dengan tujuan Kemanggisan-Kebayoran-Pondok Pinang. Rute 24 dengan tujuan Kembangan-Pesanggrahan-Meruya.

Lalu, rute bus sekolah yang terintegrasi pada dua wilayah administratif DKI Jakarta yakni Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Pelayanan yang diberikan meliputi rute 9 dengan tujuan Cilincing-Plumpang-P. Kemerdekaan. Rute 26 dengan tujuan Pulogadung-Cilincing via Pegangsaan Dua- Semper. Rute 27 dengan tujuan Tipar Cakung-Sukapura-Semper-Koja. dan Zonasi 12 Rusun Rawa Bebek-Rorotan.

Pelayanan rute bus sekolah yang terintegrasi pada dua wilayah administratif DKI Jakarta yakni Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Terdapat rute 6 dengan tujuan Cawang - Ragunan. Rute 15 dengan tujuan Tebet, Cipinang Muara- Pondok Kopi. dan Zonasi 6 Cawang- Ragunan.

Terakhir pelayanan rute bus sekolah yang terintegrasi pada dua wilayah administratif DKI Jakarta yakni Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Rute 1 dengan tujuan Lapangan Banteng-Galur-P. Kemerdekaan. Rute 10 dengan tujuan Kampung Melayu-Lapangan Banteng. Zonasi 5 dengan tujuan Pulogadung-Mardani-Paseban. Dan Zonasi 7 Rawamangun-Manggarai-Cikini.

Tak hanya itu, rute bus sekolah juga melayani rute jarak pada sekitar dalam kawasan administratif DKI Jakarta yakni Jakarta Timur, jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

Dari segi kenyaman pun bus yang dipergunakan memiliki model pintu tengah untuk akses keluar masuk. Supaya lebih nyaman, sasis dilengkapi double acting shock absorber dan stabilizer sehingga dapat meredam guncangan pada saat berakselerasi.

Sasis Hino FB 130 dilengkapi dengan mesin diesel kapasitas 4.000 cc dengan keluaran tenaga mencapai 130 PS.

Berdasarkan informasi dari laman Instagram @ dishubdkijakarta, layanan bus sekolah tersedia dalam dua jenis rute, yaitu rute reguler dengan 28 jalur dan rute zonasi dengan 13 jalur. Bus sekolah beroperasi setiap hari kerja yaitu Senin – Jumat yang dibagi dalam tiga shift. Shift pertama beroperasi pada pukul 05.30-07.00 WIB. Shift kedua pada pukul 11.00-16.00 WIB. Shift ketiga pada pukul 17.00-18.30 WIB.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More