PLTS, Hidupkan Nyala Terang Desa Terpencil di Pelosok Negeri

  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terletak di tengah perbukitan Desa Semangki, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.
  • Warga melintas di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terletak di tengah perbukitan Desa Semangki, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.
  • Sejumlah anak bermain di dekat stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang merupakan sumber energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.
  • Warga beraktivitas pada malam hari di rumahnya dengan menggunakan penerangan bersumber dari tenaga listrik PLTS.
  • Warga beraktivitas pada malam hari di rumahnya dengan menggunakan penerangan bersumber dari tenaga listrik PLTS.
  • Warga beraktivitas pada malam hari di rumahnya dengan menggunakan penerangan bersumber dari tenaga listrik PLTS.
  • Puluhan tahun masyarakat hanya menggunakan pelita atau lilin untuk menerangi rumahnya pada malam hari meskipun aliran listrik dari pembangkit tenaga surya tersebut terbatas, tapi warga tetap besyukur bisa menikmati listrik di tiap rumah mereka.
  • Lanskap perbukitan Desa Semangki, Kabupaten Maros Sulsel saat diterpa cahaya matahari pagi.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terletak di tengah perbukitan Desa Semangki, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin (22/02/2021).

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terletak di tengah perbukitan Desa Semangki, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin (22/02/2021). Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terletak di tengah perbukitan tersebut memberikan nyala terang untuk warga di sana. Warga di Desa tersebut baru bisa menikmati aliran listrik PLTS pada akhir 2015 lalu.

Medan yang terjal dan akses jalan yang jauh serta rusak membuat desa ini tergolong terisolir dari pusat pemerintahan. Puluhan tahun masyarakat hanya menggunakan pelita atau lilin untuk menerangi rumahnya pada malam hari meskipun aliran listrik dari pembangkit tenaga surya tersebut terbatas, tapi warga tetap besyukur bisa menikmati listrik di tiap rumah mereka.

Pemerintah memiliki target bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025 mendatang. Namun, sampai dengan 2020 baru tercapai hanya separuhnya yakni 11,5%. PLTS menjadi salah satu prioritas yang bisa dilakukan

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sedang mencari perusahaan listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP) yang akan masuk ke Daftar Penyedia Terseleksi (DPT) untuk mengembangkan proyek pembangkit energi terbarukan salah satunya adalah PLTS.

(sra)
Top