Sempat Laku Keras, Kini Penjualan Tanaman Hias Mulai Lesu

  • Penjual merawat dan menata tanaman hias miliknya di Sentra Penjualan Tanaman Hias, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta.
  • Bisnis tanaman hias sempat mengalami peningkatan penjualan di awal pandemi Covid-19 akibat munculnya kebiasaan baru bagi sebagian orang untuk menghilangkan rasa jenuh dengan menanam tanaman hias. Bahkan harga jual tanaman hias saat itu bisa mencapai jutaan rupiah sesuai jenis dan tingkat kelangkaan tanaman tersebut.
  • Namun saat ini penjualan tanaman hias mulai mengalami penurunan yang cukup drastis hingga 50%, ada beberapa faktor penyebabnya seperti dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang menyulitkan para calon pembeli untuk datang ke tempat penjualan dan masyarakat sudah memiliki beberapa tanaman yang dibeli sebelumnya bahkan bisa mengembangbiakkan tanaman miliknya.
  • Untuk mengurangi penurunan omzet, para penjual tanaman hias juga menjual perlengkapan pendamping menanam yaitu pupuk, pot dan peralatan lainnya.

Penjual merawat dan menata tanaman hias miliknya di Sentra Penjualan Tanaman Hias, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta, Selasa (3/8/21).

Bisnis tanaman hias sempat mengalami peningkatan penjualan di awal pandemi Covid-19 akibat munculnya kebiasaan baru bagi sebagian orang untuk menghilangkan rasa jenuh dengan menanam tanaman hias. Bahkan harga jual tanaman hias saat itu bisa mencapai jutaan rupiah sesuai jenis dan tingkat kelangkaan tanaman tersebut.

Namun saat ini penjualan tanaman hias mulai mengalami penurunan yang cukup drastis hingga 50%, ada beberapa faktor penyebabnya seperti dampak dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang menyulitkan para calon pembeli untuk datang ke tempat penjualan dan masyarakat sudah memiliki beberapa tanaman yang dibeli sebelumnya bahkan bisa mengembangbiakkan tanaman miliknya.

Untuk mengurangi penurunan omzet, para penjual tanaman hias juga menjual perlengkapan pendamping menanam yaitu pupuk, pot dan peralatan lainnya.

(MPI/ALDHI CHANDRA SETIAWAN)

(sra)
Top