BI Dorong Pelaku UMKM Memanfaatkan QRIS Sebagai Alat Pembayaran

Sabtu, 20 Maret 2021 - 19:45 WIB
Kegiatan bertajuk QRIS Solusi Cerdas Pembayaran Digital yang dihelat oleh Rumah Aspirasi Indah Kurnia dan Yayasan Pesona Mutiara Timur bersama BI Jatim tersebut untuk mendorong para pelaku UMKM agar memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran.
click to zoom
Sosialisasi yang digelar secara tatap muka dan daring ini diikuti oleh ratusan pelaku UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Makanan dan Minuman Sidoarjo serta Gabungan Kelompok Ikan Kalanganyar, Sidoarjo.
click to zoom
Sosialisasi QRIS yang disiarkan dari Hotel Halogen, Waru Sidoarjo ini selain menghadirkan pembicara Ramdha Dien Azka selaku Asisten Manajer Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur juga menghadirkan secara virtual PJ Kepala Divisi KPw. BI Jatim Rini Mustikaningsih.
click to zoom
BI Jawa Timur menargetkan, pada tahun 2021 ini sebanyak 1.450.000 merchant menggunakan QRIS. Saat ini sudah ada sekitar 700.000 merchant sudah beralih ke QRIS. Secara nasioanl, pada 2021 ini BI menargetkan merchant pengguna QRIS mencapai angka 12 juta pengguna.
click to zoom
Asisten Manager Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Ramdha Dien Azka (kanan), menjelaskan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada pelaku UMKM saat menjadi pembicara dalam Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai, di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/3/2021).
click to zoom
Asisten Manager Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Ramdha Dien Azka (kanan), menjelaskan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada pelaku UMKM saat menjadi pembicara dalam Sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai, di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/3/2021). Kegiatan bertajuk QRIS Solusi Cerdas Pembayaran Digital yang dihelat oleh Rumah Aspirasi Indah Kurnia dan Yayasan Pesona Mutiara Timur bersama BI Jatim tersebut untuk mendorong para pelaku UMKM agar memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran.

Sosialisasi yang digelar secara tatap muka dan daring ini diikuti oleh ratusan pelaku UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Makanan dan Minuman Sidoarjo serta Gabungan Kelompok Ikan Kalanganyar, Sidoarjo. Sosialisasi QRIS yang disiarkan dari Hotel Halogen, Waru Sidoarjo ini selain menghadirkan pembicara Ramdha Dien Azka selaku Asisten Manajer Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur juga menghadirkan secara virtual PJ Kepala Divisi KPw. BI Jatim Rini Mustikaningsih.

Secara virtual, Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, juga mendorong para pelaku UMKM agar mengikuti perkembangan teknologi, baik dari sisi pemasaran maupun transaksi. Menurut Indah, QRIS sangat penting terutama dalam suasana Pandemi Covid-19. Selain aman dari potensi penularan Covid-19 karena tidak ada kontak fisik, dengan menggunakan transaksi non tunai maka pembayaran bisa sesuai dengan nilai transaksi.

BI Jawa Timur menargetkan, pada tahun 2021 ini sebanyak 1.450.000 merchant menggunakan QRIS. Saat ini sudah ada sekitar 700.000 merchant sudah beralih ke QRIS. Secara nasioanl, pada 2021 ini BI menargetkan merchant pengguna QRIS mencapai angka 12 juta pengguna.
(sra)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More