Arab Saudi Buka Ibadah Umrah Pertama di Masa Pandemi Covid-19

Minggu, 04 Oktober 2020 - 19:19 WIB
Umat Muslim mengitari kabah saat melaksanakan Umrah dengan menjaga jarak sosial untuk pertama kalinya di masa pandemi Covid-19 di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Minggu (04/10/2020).
click to zoom
Umat Muslim menjaga jarak sosial saat mengitari kabah saat ibadah Umrah di tengah pandemi Covid-19.
click to zoom
Setelah lebih dari enam bulan ditutup, Arab Saudi kembali memperbolehkan ibadah Umrah dengan membatasi jumlah jamaah hanya 30 persen dari kapasitas maksimal atau sekitar 6000 jamaah Umrah per hari.
click to zoom
Saat ini Ibadan Umrah hanya untuk jamaah domestik selama sebulan setelah itu baru dibuka untuk jamaah dari luar negeri.
click to zoom
Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tidak hanya menerapkan pembatasan, namun juga pencegahan untuk mencegah penularan Covid-19.
click to zoom
Umat Muslim mengitari kabah saat melaksanakan Umrah dengan menjaga jarak sosial untuk pertama kalinya di masa pandemi Covid-19 di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Minggu (04/10/2020). Setelah lebih dari enam bulan ditutup, Arab Saudi kembali memperbolehkan ibadah Umrah dengan membatasi jumlah jamaah hanya 30 persen dari kapasitas maksimal atau sekitar 6000 jamaah Umrah per hari.

Saat ini Ibadan Umrah hanya untuk jamaah domestik selama sebulan setelah itu baru dibuka untuk jamaah dari luar negeri.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi tidak hanya menerapkan pembatasan, namun juga pencegahan. Rombongan Umrah tidak akan dipusatkan di satu titik, tetapi di pecah menjadi lima titik dengan menempatkan petugas medis di setiap titik.

Pintu masuk Masjidil Haram dipasang kamera pendeteksi suhu tubuh yang akan memindai suhu masing-masing jemaah. Jika ada suhunya tinggi atau diduga tertular Covid-19, bel peringatan langsung dibunyikan. Dan di dalam lokasi ibadah akan dilakukan pembersihan 10 kali sehari termasuk pembersihan pendingin udara.

Setidaknya 1000 petugas telah dilatih dan dikerahkan untuk memastikan semua langkah pencegahan dan pembatasan sosial ditaati jamaah Umrah.

REUTERS / Marwa Rashad
(bon)
Foto Terkait
Foto Terpopuler
Foto Terkini More