Unjuk Rasa Terus Meluas, Thailand Keluarkan Dekrit Darurat

  • Ribuan demonstran melakukan salam hormat tiga jari saat unjuk rasa protes anti-pemerintah di Bangkok, Thailand, Kamis (15/10/2020).
  • Polisi mengamankan aksi unjuk rasa anti pemerintah di Thailand.
  • Peseta unjuk rasa anti pemerintah tidur di jalan utama Kota Bangkok.
  • Pemerintah Thailand mengeluarkan dekrit darurat yang melarang demonstrasi dan publikasi berita yang sensitif.
  • Dekrit itu juga bertujuan untuk menghalangi merebaknya gerakan pemuda yang meminta pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Prayuth Chanocha, mantan pemimpin junta militer. Dekrit itu juga dianggap sebagai bentuk ketakutan pemerintahan dan kerajaan Thailand terhadap gerakan generasi milenial yang mulai peduli dengan nasib demokrasi di negara tersebut.

Ribuan demonstran melakukan salam hormat tiga jari saat unjuk rasa protes anti-pemerintah di Bangkok, Thailand, Kamis (15/10/2020). Pemerintah Thailand mengeluarkan dekrit darurat yang melarang demonstrasi dan publikasi berita yang sensitif. Langkah itu bertujuan untuk menghentikan gerakan anti-monarki dan menuntut pembatasan kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn yang meluas di kalangan generasi muda di Negeri Gajah Putih itu.
Dekrit itu juga bertujuan untuk menghalangi merebaknya gerakan pemuda yang meminta pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Prayuth Chan’ocha, mantan pemimpin junta militer. Dekrit itu juga dianggap sebagai bentuk ketakutan pemerintahan dan kerajaan Thailand terhadap gerakan generasi milenial yang mulai peduli dengan nasib demokrasi di negara tersebut.

REUTERS / Soe Zeya Tun

(bon)
Top